Ridwan Kamil : “Per tanggal 1 November 2016, Penggunaan Styrofoam dilarang”

Bandung, Students Tel-U – Rabu, 12 Oktober 2016 melalui akun twitter pribadinya Wali Kota Ridwan Kamil menyampaikan kicauannya terkait larangan penggunaan Styrofoam untuk kemasan makanan dan minuman di Bandung.

Kicauan Ridwal Kamil di Twitter mengenai pelarangan penggunaan styrofoam untuk kemasan makanan dan minuman di Bandung

Kicauan Ridwal Kamil di Twitter mengenai pelarangan penggunaan styrofoam untuk kemasan makanan dan minuman di Bandung

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Kepala Bagian Hukum Pemkot Bandung Bambang Suhaeri menyatakan pihaknya bersama dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung saat ini tengah merampungkan rancangan kebijakan terkait larangan penggunaan styrofoam tersebut dengan berlandaskan Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah dan Daerah Nomor 3 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

Selain itu dijelaskan olehnya bahwa kebijakan mengenai larangan penggunaan styrofoam ini tidak mutlak langsung diterapkan. Nantinya pelarangan ini akan dikemas dengan cara mengedukasi masyarakat dibeberapa kawasan. Adapun lingkup kawasan yang menjadi target utama adalah intansi pemerintah dan pendidikan.

Upaya ini merupakan langkah yang terbilang cukup baik untuk meminimalisir menumpuknya sampah yang dapat memicu terjadinya banjir. Namun tidak dapat dipungkiri hal ini tentunya memicu berbagai tanggapan dari masyarakat, baik itu dari warga Bandung sendiri maupun dari berbagai daerah lainnya. Bagaimana menurut kalian? Yuk kurangi penggunaan styrofoam untuk kemasan makanan dan minuman di daerah kalian juga! (SAL)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *