The Reply 1988
The Reply 1988

Review Singkat The Reply 1988

Tangerang – 15 Oktober 2020 | Students Tel-U – The Reply 1988 merupakan drama yang rilis pada tahun 2015. Walau sudah 5 tahun berlalu, drama ini kembali ramai diperbincangkan kembali. Bahkan hingga detik ini dalam pencarian di twitter, the reply masih ramai diperbincangkan. Hal ini terjadi karena kemunculannya yang berada di Netflix atau Viu.

The Reply 1988 sendiri adalah sebuah drama yang berlatar belakang mengenai kehidupan persahabatan antar 5 sekawan, di antaranya Deok Sun, Sun Woo, Jung Hwan, Dong Ryong, dan Choi Taek. Tidak hanya tentang persahabatan, The Reply 1988pun menceritakan mengenai kehidupan yang terjadi di gang Ssangmundong di masa 1980-an.

5 Sekawan

5 sekawan

https://pin.it/3BbSHDr

Dimulai dari Deok Sun, satu-satunya anak perempuan dalam kelompoknya. Ia bertempat tinggal di bawah rumah Jung Hwan. Hal ini terjadi karena ayahnya tertipu, sehingga memiliki hutang kepada bank. Selain itu, Deok Sun tidaklah pintar, ia berada di peringkat 999. Walau tidak pintar, Deok Sun sangat perhatian terhadap teman-temannya.

Berlanjut ke Dong Ryong, anak dari dekan dan ratu asuransi Daehan. Walau anak dari dekan, Dong Ryong tidaklah pintar, bahkan ia mirip dengan Deok Sun. Dong Ryong hanya tertarik akan masa-masa SMA, perempuan, serta dance. Penyebabnya ialah dekan, hampir setiap hari Dong Ryong dimarahi oleh dekan. Dibalik itu semua, tanpa adanya Dong Ryong dan Deok Sun, maka akan terasa hambar.

Selanjutnya Sun Woo, anak yang paling pintar di antara semuanya, bahkan ia menjadi ketua OSIS. Dibalik kepintarannya, Ayahnya telah meninggalkannya saat SMP. Semenjak saat itu, Sun Woo selalu patuh, taat, serta membantu ibunya dalam berbagai hal. Sun Woo sendiri memiliki cita-cita sebagai dokter.

Lanjut ke Jung Hwan, Anak terkaya di gang Ssangmundong. Tidak mengherankan mengapa ia berada di atas rumah Deok Sun. Tidak hanya kaya, ia tergolong pintar dalam pelajaran. Jung Hwan sendiri memiliki cita-cita sebagai pilot pesawat tempur.

Terakhir Choi Taek, Choi Taek telah ditinggalkan ibunya semenjak kecil. Ia pun hanya pintar dalam bermain Go, tidak bersekolah, serta payah dalam segala hal. Tidak bisa mengikat tali sepatu, memakai kemeja, serta membuka saus. Dibalik itu semua, ia tergolong anak jenius. Di saat Deok Sun mengalami kesulitan dalam rubrik, Taek menyelesaikannya dengan mudah. Tidak hanya jenius, Taek senang berkompetisi. Hal ini terlihat saat Taek mampu mengalahkan kakaknya Jung Hwan dalam mesin arcade. Di lain sisi, Taek sangat dilindungi dan dijaga oleh teman-temannya.

Keluarga

Dalam hal keluarga, keluarga Deok Sun paling ribut. Pertengkaran antara Deok Sun dan kakaknya, Bo-Ra, sering kali terdengar ke rumah Jung Hwan. Tidak hanya itu, Deok Sun pun sering bertengkar dengan adiknya, No-Eul. Pertengkaran antara ayah dan ibunya sering kali terjadi.

Tidak hanya keluarga Deok Sun, keluarga Jung Hwan tergolong ribut. Keributan yang paling sering terjadi ialah di antara ayah dan ibunya. Ayahnya sering kali bertindak konyol yang dapat membuat sang ibu marah. Tidak hanya itu, kakaknya Jung Hwan, Jung Bong, memiliki sikap yang hampir mirip dengan ayahnya sehingga sering membuat ibunya pusing dan kesal.

Berlanjut ke keluarganya Sun Woo. Tidak ada yang menarik, hanya ada Jin Juu yang lucu serta ibunya yang gemar membuat kimci. Berlanjut ke Dong Ryong, keluarganya sangat sibuk. Hal ini terlihat dari Ayah yang menjadi Dekan sekolah dan Ibu yang menjadi Ratu Asuransi Daehan. Tak heran, Dong Ryong sering kali berbuat onar dan bertingkah konyol. Terakhir Choi Taek, sang pendatang baru. Choi Taek baru menempati Ssangmundong saat ia kecil, ia tinggal bersama ayahnya.

walau tidak seramai keluarga Deok Sun dan Jung Hwan, para keluarga yang berada di Ssangmungdong sangatlah akrab, bahkan jika diperhatikan lebih dalam lagi, mereka layaknya saudara. Ketika salah anggota keluarga sakit atau dalam masalah, dengan sukarela mereka membantu serta menjaganya.

Percintaan

Dalam hal percintaan, aga sedikit menarik. Menariknya karena pada The Reply 1988 secara tidak sengaja membuat penonton menerka-nerka hubungan yang ada. Diawali pada kisah cintanya Deok Sun, lalu diikuti Jung Hwan, berlanjut ke Sun Woo, hingga kepada Taek.

Di awal kisah, Deok Sun memiliki perasaan pada Sun Woo, dikala salju pertama turun, Deok Sun mengirimi surat ke acara radio Starry Night. Surat tersebut merupakan pengakuan cintanya dikala salju pertama turun, namun pada akhirnya Deok Sun mengetahui siapa yang Sun Woo sukai. Disaat Deok Sun menyukai Sun Woo, diam-diam Jung Hwan memiliki perasaan terhadap Deok Sun. Sayangnya segala usaha yang telah dilakukan Jung Hwan hanyalah sebatas teman di mata Deok Sun. Tetapi ada suatu masa di mana Deok Sun menyukai Jung Hwan, Jung Hwan mulai mundur secara perlahan. Hal itu terjadi ketika Taek bercerita kepada teman-temannya bahwa ia menyukai Deok Sun.

Kesimpulan

Dibalik lika-liku yang ada, The Reply 1988 menggambarkan dengan kental suasana 1980-an. Penggambaran inilah yang dapat membuat nostalgia serta gambaran akan masa remaja di tahun 80-an atau 90-an. Tidak hanya itu, kisah yang diberikan pun dapat membuat kita menerka-nerka akan apa yang terjadi selanjutnya, seperti percintaan dan tindak kekonyolan. Selain dapat menerka-nerka, di beberapa momen drama ini memberikan kejutan yang di luar apa yang dibayangkan. (ERR)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *