Rekruitasi Pengurus Pemantik (Pemuda AntiKorupsi) Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Pemuda AntiKorupsi atau Pemantik, ialah komunitas sosial dengan spesialisasi gerakan edukasi kreatif. Berawal dari Sekolah AntiKorupsi Institut Teknologi Telkom di tahun 2012, sekumpulan pemuda memutuskan membentuk komunitas AntiKorupsi.

Pemantik membuka kesempatan bagi pemuda berusia 12-30 tahun untuk bergabung dan mewujudkan cita-cita Pemantik. Dengan visi Pemantik yakni untuk mewujudkan generasi muda yang jujur, cerdas, dan berkarakter antikorupsi. Mari menjadi pribadi dan generasi yang lebih baik dan bermanfaat.
pemantik

Kamu mencermati kondisi Indonesia, hari ini?
Pernahkah kamu bertanya, bisakah kita berbuat sesuatu?
Ketika KPK mengambil tindakan untuk para pejabat negara yang terindikasi korup, kita mungkin bertanya-tanya : apa langkah yang bisa saya lakukan mencermati peristiwa ini?
Ketika para penegak hukum justru terjebak lingkaran hitam jual-beli hukum, kita bisa jadi bertanya-tanya : bagaimana agar hal ini tidak lagi terjadi?
Ketika eksekutif dan legislatif saling serang dan tidak mau disalahkan terkait indikasi penyelewengan anggaran, kita dibuat bingung sembari mempertanyakan : mengapa indikasi korupsi pribadi maupun lembaga teramat tinggi hari ini?

Transparency International setiap tahunnya merilis Indeks Perspeksi Korupsi (IPK) dari seluruh negara. IPK merupakan indeks gabungan yang mengukur persepsi korupsi secara global. IPK kerap digunakan untuk mengukur tingkat persepsi korupsi di sektor publik, direpresentasikan dalam bentuk bobot skor dengan rentang 0-100. Skor 0 merepresentasikan negara yang sangat korup, sementara skor 100 mempersepsikan negara yang sangat bersih dari korupsi. Indonesia pada tahun 2014 meraih skor 34, menempatkan negeri kita pada peringkat ke-107 dari 175 negara. Sebuah hal yang sayangnya, masih lebih tepat disebut preseden buruk daripada sebuah prestasi.

Tapi bukankah selalu ada harapan dalam kegelapan? Betul, kita selalu punya pilihan dalam menyikapi sebuah permasalahan. Pemuda masa kini, bisa ambil peran untuk memperbaiki. Pemuda itu, kamu!

Pemuda AntiKorupsi atau Pemantik, merupakan sebuah gerakan perbaikan diri. Pemantik fokus pada gerakan pencerdasan dan pemberantasan korupsi masing-masing diri. Kami memiliki latar belakang yang beragam : suku, agama, ras. Berasal dari lintas program studi, beragam minat dan hobi, dari aktivis organisasi hingga penggiat akademi. Warna-warni ini disatukan oleh keinginan setiap dari kami untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, melalui aktivitas sosial edukasi yang kami jalani.

Kami percaya setiap orang termasuk kamu, senantiasa ingin menjadi diri yang berkembang, produktif, dan bermanfaat. Kami percaya bahwa mengubah dunia, mengubah negara, mengubah lingkungan kita, hanya bisa dicapai dengan mengubah diri kita terlebih dahulu. Dan kami percaya bahwa mengutuk kegelapan tidak mengubah apapun. Maka dari itu kami mengajak kamu memantik harapan bersama kami, agar menjadi diri dan generasi yang lebih baik.

Jalan memberantas korupsi ini memang terjal dan penuh tantangan, tapi kami yakin terbentang jalan yang penuh petualangan. Pemuda AntiKorupsi hanya sebuah pilihan dari banyak pilihan yang bisa kamu jalani. Kami mengajak kamu bergabung karena kami yakin, memberantas korupsi itu tidak bisa sendiri.

Salam Pemantik, #TangguhBerpengaruh!

Referensi :
pemantik.org
https://www.selasar.com/politik/indonesia-perlu-mengejar-indeks-persepsi-korupsi-negaranegara-asean
http://m.tribunnews.com/nasional/2014/12/03/tanggapan-kpk-soal-indeks-persepsi-korupsi-indonesia-2014

Tertarik dengan Pemuda AntiKorupsi? Kunjungi pemantik.org dan ikuti perkembangan terbaru kami via @_pemantik

Salam
Rizal Purwosaputro

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *