Press Release Bandung ICT Expo 2019 – Empat Raksasa Startup Indonesia Hadir di Bandung ICT EXPO

Bandung, 26 Oktober 2019 — Bandung ICT EXPO kembali di selenggarakan, event pameran ICT ini berlangsung di Telkom University Convention Hall selama dua hari, 24-25 Oktober. Event ini merupakan puncak dari rangkaian acara 6th Anniversary Tel-U. Selain pameran industri pada ICT EXPO kali ini juga terdapat beragam Seminar dan Workshop yang mengundang para pembicara expert di bidangnya. Salah satu talkshow yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah Sharing Knowledge: Startup Explore.

Talkshow ini mengundang startup-startup raksasa diantaranya Grab Indonesia, Aruna Indonesia, Kumparan, dan Nodeflux. Masing-masing startup mengirimkan delegasinya yang sudah barang tentu adalah anak bangsa. Seperti CEO Kumparan yang juga alumni dari Telkom University yaitu Hugo Diba, lalu Head of Customer Experience Service Success Grab Arie Maulana, Salman Farouk Al-Hakim dari Nodeflux, dan Head of Human Resource Aruna Indonesia Sri Yunita Maksudi. Talkshow ini dipimpin oleh moderator kondang sekaligus dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis Tel-U, Dini Salminah.

Talkshow membahas seputar tantangan yang sudah dan akan dihadapi para penggiat startup di pasar Indonesia. Empat pembicara berbagi kisahnya masing-masing selama berkiprah di dunia Startup. Salman misalnya, mengungkapkan bahwa anak bangsa masing takut-takut membuat startup di bidang Artificial Intelligence (AI). “Padahal AI berkembang sangat pesat, berbagai negara sudah mulai mengembangkan AI. Menjadi Tech Mastery, Improving Business Performance, dan Indonesian Pride jadi misi utama Nodeflux”. Berbagai penerapan AI rampung dilakukan di berbagai perusahaan, seperti face recognizition serta deteksi pelanggaran lalu lintas menggunakan kamera CCTV yang terintegrasi melalui internet.

Sri Yunita dari Aruna, berbagi pengalamannya membentuk ekosistem bernuansa ICT pada Untuk Membantu Mengembangkan Ekonomi Pesisir Dengan Menciptakan Perdagangan Perikanan Yang Adil Dan Transparan Melalui Inovasi Teknologi. Mengajak para nelayan untuk beralih dan menggunakan teknologi memang tidak mudah, tapi kegigihan tim Aruna membuahkan hasil, Hingga saat ini sudah ada lebih dari 2000 nelayan tergabung dalam Fisheries E-Commerce ini.

Di bidang jasa transportasi, ada Grab yang merupakan decacorn di Asia Tenggara. Di dalamnya, peranan anak bangsa begitu besar dalam perkembangannya di Indonesia. Hadir diatas panggung adalah Arie Maulana, menurutnya Grab ingin membantu masyarakat memiliki kemudahan dalam transaksi ekonomi, mengakses layanan financial dengan praktis, serta memberikan layanan yang aman dan nyaman. “Intinya kami ingin memberikan dampak positif secara luas.”

Terakhir di sektor media online ada Hugo Diba, beliau adalah alumni Tel-U yang sekarang menjabat sebagai CEO. Menghadapi persaingan antar media elektronik tak membuat Kumparan gentar. Buktinya, di usianya yang masih terbilang dini Kumparan tetap eksis dan terus menjadi rujukan utama mengenai berita-berita terkini. Hugo mengatakan, untuk menjadi media yang berkualitas dan dipercaya, perusahaan media perlu memiliki sustainability terlebih dahulu. Kesejahteraan karyawan juga menjadi poin utama, agar tetap menjaga integritas sebagai awak media. “Kita jaga para wartawan sejahtera, supaya mereka punya integritas menjaga berita tetap berkualitas dan tidak mudah di iming-imingi”.

Empat startup diatas diharapkan mampu menginspirasi para mahasiswa serta industri lain yang hadir di Bandung ICT EXPO. Mengingat visi dari Telkom University ialah menjadi Research and Entrepreneurial University pada tahun 2024. Tak dipungkiri, bahwa pengembangan startup adalah salah satu didalamnya.

Sebagai perguruan tinggi terbaik no 1 di Indonesia, Telkom University sebagai kampus yang menerapkan Information and Communication Technologies (ICT) dalam proses pembelajaran dan fasilitas kampus, kembali menyelenggarakan The Biggest ICT Show bertajuk Bandung ICT Expo 2019, di Telkom University Convention Hall pada 24 – 25 Oktober 2019 dengan tema Innovations & Startups Explore “Promoting the Development of Indonesia Digital Economy Through Innovations and Synergy of University, Industry, Government, & Communities”.

Dihari pertama pelaksanaannya, selain exhibition acara ini akan berlangsung keynote speech oleh Sukarela Batunagar yang merupakan Diputi Komisioner OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Institute dan Keuangan Digital  serta Edwin Aristiawan (Direktur Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia). Dilanjutkan dengan seminar tentang “The Future of Telco Infrastructure & Business Model” oleh perusahaan Telco terbesar di Indonesia yakni Telkom Indonesia, Telkomsel, ZTE dan Huawei.

Dihari kedua akan berlangsung Leaders Talk yang akan diisi oleh Teguh Wahyono selaku Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian dan Indra Utoyo selaku Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI. Dalam perayaan Bandung ICT Expo 2019 ini juga berlangsung puncak acara pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi atau GEMASTIK XII, dimana acara ini merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Telkom University dipercaya menjadi tuan rumah pada perayaan Gemastik XII, dimana pada tahun ini mengangkat tema “Teknologi Informasi untuk Keunggulan Daya Saing Bangsa”. Kompetisi ini diikuti oleh 3.634 tim dari 135 perguruan tinggi se-Indonesia dan terbagi dalam 11 divisi lomba yakni Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya saat membuka acara Bandung ICT Expo 2019 menjelaskan bahwa event tahunan yang rutin di lakasanakan Telkom University ini merupakan wujud kontribusi Telkom University dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaik untuk bangsa guna menumbuhkembangkan perekonomian digital.

“Sesuai tema yang diangkat, kami (Tel-U) terus berperan dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaik untuk negeri ini, dimana saat ini melalui Bandung Techno Park kami telah menghasilkan start up yang siap untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.” Ucapnya. Adiwijaya juga menambahkan melalui kompetisi Gemastik XII juga diharapkan banyak karya-karya dan inovasi yang turut membantu perkembangan ekonomi digital di Indonesia. “Terimakasih kepada Kemenristekdikti yang telah mempercayakan kepada kami untuk menjadi tuan rumah dalam ajang terbesar TIK ini, semoga para peserta bisa menghasilkan karya-karya yang untuk kemajuan Indonesia.” Jelasnya.

 

Kepala Departemen Public Relations Telkom University

Gedung Bangkit, Bandung Technoplex

Jalan Telekomunikasi, Terusan Buah Batu

Bandung 40257

WA/Line: +628 21 2050 3002 / @telkomuniversity Tlp. +62 22 7564108 ext 2241/2191

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *