Perpustakaan Telkom University Luncurkan Telkom Open Library

Bandung, Students Tel-U – Berawal dari keinginan untuk menyatukan semua media knowledge dalam satu wadah, perpustakaan Telkom University membangun sistem perpustakaan terbuka yang diberi nama “Telkom Open Library”. Sistem ini tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh civitas akademika Telkom University, melainkan juga perguruan tinggi lain.

afawg

“Semua perguruan tinggi lain silakan bisa mengakses dan mengunjungi Perpustakaan Telkom University dengan mudah, ” ujar Kepala Bagian Perpustakaan Telkom University Nyoman Bogi Aditya K. ST. MSEE di sela-sela acara Pertemuan Rutin Ke II Seminar dan Workshop Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPT) seluruh Jawa Barat dan Banten, yang digelar di Ruang Multimedeia Gedung Learning Center Telkom University, Rabu (04/06).

Menurut Bogi, sistem ini dikembangkan dengan mengadopsi berbagai best practice yang telah ada dan menyatukannya dalam berbagai fitur seperti katalog & sirkulasi, Pelaporan & Notifikasi, Kolaborasi, E-learning dan masih banyak lagi layanan lainnya. “Kami ingin membuat suatu sistem yang bisa mewadahi semua media knowledge yang ada di semua perpustakaan di lingkungan Telkom University, ” katanya.

Bogi berharap, semua civitas akademika bisa mendukung program “Telkom Open Library” ini sebagai satu sistem terpadu layanan perpustakaan. “Satu keluarga, satu sistem”, tegasnya, Pertemuan Rutin FPPT Sementara itu, dengan dihadiri lebih dari 92 Pustakawan dari perguruan tinggi seluruh Jawa Barat dan Banten, acara pertemuan rutin FPPT berjalan dengan lancar. Tampil sebagai pembicara dari Subbid Otomasi Perpustakaan Nasional RI, Bpk. Wiratna Tirtawirasta, S.Kom, MP.

“Perpustakaan berpeluang untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan efisien, jika mampu menyelaraskan dengan kebutuhan Informasi di masyarakat” ujar Wiratna dalam pemberian materinya.

Dalam acara ini, Perpustakaan Nasional mengeluarkan program “Library Electronic Resources Material (e-resources ) yang bekerjasama dengan hampir 21 vendor e-resourch di seluruh dunia. Program ini menghadirkan e-Books dan e-Journal yang bisa diakses oleh siapa pun dan kapan pun melalui website resmi Perpustakaan Nasional RI.

Sumber :
http://www.telkomuniversity.ac.id/article/perpustakaan-telkom-university-luncurkan-telkom-open-library#sthash.QWXqTFpF.dpuf

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *