Peringatan Hari Perempuan Sedunia, Happy Women’s Day!

Hari Perempuan Nasional atau yang biasa disebut International Women Day (IWD) , adalah hari dimana dirayakan kampanye kesetaraan gender. International Women Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Setiap tahun, International Women’s Day dirayakan dengan menggunakan tema tertentu. Namun, pada tahun 2021 menggunakan tema #ChooseToChallenge. Tema tersebut memiliki arti kepada semua pihak terutama perempuan untuk menantang ketidaksetaraan gender yang ada. Tema inipun memiliki arti lain yaitu para wanita diseluruh dunia diharapkan bisa menjawab tantangan dari dunia.

Tapi, tahu tidak mengapa International Women Day diperingati setiap tanggal 8 maret dan apa sejarah yang melatarbelakangi terbentuknya International Women Day?

International Women Day atau Hari Perempuan Internasional terjadi karena adanya aksi yang dilakukan oleh wanita di New York, Amerika Serikat. Aksi tersebut terjadi pada tahun 1908, dan dengan adanya aksi tersebut para perempuan menyuarakan hak mereka tentang ditingkatkan nya gaji kerja serta pemotongan jam kerja.

Lalu pada tahun 1910, seseorang wanita bernama Clara Zetkin yang merupakan pemimpin “Women Office” dari Partai SosialDemokrat di Jerman. Mengusulkan tentang Hari Perempuan Nasional atau International Women’s Day.

Apa yang diusulkan Clara Zetkin menjadi sebuah persetujuan oleh lebih 100 konfrensi perempuan di 17 negara. Yang usul tersebut disetujui oleh partai sosialis, serikat perempuan pekerja, serta anggota parlemen Finlandia. Akhirnya disepakati bersama bahwa Hari Perempuan Internasional diselenggarakan 19 Maret dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1911.

Lalu adanya pergerakan perempuan di Rusia yang melakukan aksi menentang Perang Dunia I pada tanggal 8 maret 1913. Akhirnya pada Perang Dunia II tepatnya pada 8 maret digunakan sebagai momentum untuk kesetaraan gender.

Dan pada tahun 1975 tepatnya 8 Maret diakuinya Hari Perempuan Nasional atau International Women Day oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Keyword(s) : , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *