Pentingnya Big Data dalam Industri di Masa Depan

Bandung, Students Tel-U -Unit Kegiatan mahasiswa bekerjasama dengan News Portal Students Telkom University menggelar Seminar Big Data & SNA yang fokus pada perkembangan Big Data, Cloud dan SNA (14/11). Pembicara dihadirkan dari CEO No Limit Indonesia, Aqsath Rasyid N dan dari kalangan akademisi Telkom University, Alfian Akbar Ghozali. Dalam paparannya, Aqsath menjelaskan betapa pentingnya seseorang, organisasi maupun perusahaan untuk melakukan transformasi dan relevansi dalam dunia teknologi digital.

image

Aqsath juga menambahkan, banyaknya peran big data dalam perkembangan selanjutnya. “Big Data adalah cakupan dengan data yang besar, data yang cepat yang contoh kasusnya bisa digunakan dalam dunia kesehatan, ” ujar lelaki yang kerap disapa Aqsath ini. Ia juga memaparkan apa saja tantangan kedepannya, menurutnya tantangan perkembangan big data akan sangat beragam dan kompleks.

“Belum meratanya social media di Indonesia.”

Belum meratanya pengetahuan dari para customer dalam penggunaan social media juga menjadi kendala tersendiri dalam menyikapi perkembangan big data. Adanya gap usia dan lokasi pun menjadi sudut pandang tersendiri. Dirinya juga menegaskan, pergerakan teknologi cloud akan sangat berperan penting dalam ragam industri, terutama industri teknologi informasi di masa depan. Big data dapat digunakan sebagai transformasi untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat waktu dalam melakukan inovasi untuk mencapai hasil bisnis yang lebih cepat dan tepat.

image

Data yang terkumpul, hanya akan menjadi sampah belaka apabila tidak dianalisa dan diolah dengan baik sebagaimana mestinya menjadi informasi yang lebih berarti. Teknologi big data juga dapat membantu para customer untuk menjembatani transformasi dalam industri TI, cloud, big data, dan analytic serta model baru yang tergantung pada mobile dan social.

No limit sendiri tengah fokus pada konsep ‘bisnis ke bisnis’ yang rambahan bisnisnya tergantung pada waktu per objek. No Limit mengusung tagline ‘ There’s No Limit in The Future ‘.

(ERF)

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *