Pekerjaan ‘Freelance’ Yang Cocok Buat Mahasiswa

mahasiswa memang sering dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari yang serba irit. Ditambah lagi dengan pengeluaran yang sangat banyak, misalnya berupa uang wajib perbulan (listrik, laundry, dan paket internet), biaya transportasi, pembelian modul mata kuliah, ngeprint tugas dari dosen serta biaya buat ngapel sama pacar.

Pengiritan biaya tersebut seringkali menjadi beban berat para mahasiswa yang kuliah di luar kota tempat-tinggal mereka, dan biasanya biaya yang paling sering dihemat agar cukup selama satu bulan adalah biaya makan. Tetapi, cara berhemat seperti itu dirasakan sangat menyiksa dan kurang efektif untuk hidup menjadi mahasiswa selama satu bulan.

Untuk menghindari masalah tersebut sebenarnya bisa minta ke orang tua karena itu memang salah kewajiban mereka, tapi buat kalian yang merasa sudah gede dan cukup malu buat minta sama orang tua terus, penulis ingin membagikan solusi alternatif berupa pekerjaan freelance (paruh waktu) yang cocok buat mahasiswa.

  1. Menjadi Asisten Lab/Tutor
    2015-03-16_15-22-52

    Nah, buat menjadi aslab(asisten lab)/tutor, syaratnya kalian harus memiliki keterampilan di salah satu bidang mata kuliah. Misalnya jika kalian memiliki kemampuan di bidang fisika, kalian bisa mendaftar menjadi asisten lab fisika. Kalian juga bisa membuka les(tutor) fisika buat adik-adik angkatan kalian.

  2. Penulis Online
    2015-03-16_15-24-10Ayo ngeblog, ayo gajian! Ini Ini adalah solusi terbaik buat kalian yang suka menulis. Menghasilkan duit dari blog ada beberapa cara. Ada yang PPC, PPV, ada juga yang PPP :PPC : Paid Per Click

    PPV : Paid Per View

    PPP : Paid Per Post

    Nah, kalian bisa mendaftar ke google adsense sebagai bos yang akan membayar kalian.

  3. Penyiar Radio
    2015-03-16_15-25-06

    Mungkin ini adalah solusi terbaik buat mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Tapi, buat mahasiswa jurusan lain juga bisa mencoba pekerjaan ini.  Cukup dengan modal memiliki wawasan yang luas, memiliki skill berbicara lebih banyak dari biasanya dan yang paling penting adalah menyukai jenis musik.

  4. Jasa Pengetikan
    2015-03-16_15-26-49

    Apabila Kalian mempunyai kemampuan mengetik yang cepat, tidak ada salahnya kamu membuka jasa pengetikan. Sasarannya bisa untuk mahasiswa lainnya yang sangat sibuk dan tidak punya laptop atau perangkat komputer, atau mungkin ada teman-teman kamu yang malas mengetik sehingga memerlukan jasa pengetikan.

  5. Membuat peluang bisnis sesuai dengan Hobi/Jurusan2015-03-16_15-27-18
    Misalnya jurusan atau hobi kalian tentang design grafis atau seni, maka bisa membuka bisnis yang berhubungan dengan design. Seperti usaha cetak foto, design spanduk/banner, contoh sablon kaos dan lain-lain.

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi pekerjaan paruh waktu yang cocok buat mahasiswa. Yang paling utama adalah bagaimana kalian bisa melihat peluang serta memanfaatkan suatu keahlian yang kalian miliki. Banyak juga manfaat yang akan kalian peroleh, selain uang saku bertambah, pengalaman sebagai mahasiswa pun akan semakin banyak. Masa-masa kuliah juga akan lebih bermakna dibandingkan kebanyakan nongkrong dengan teman-teman. Tapi yang lebih terpenting, tetap belajar dan fokus pada pendidikan kalian masing-masing. Semangat! (gpp/ir)

Ditulis oleh : Gustaf Pandu Pranata

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *