oBike, Sepeda Online Kini Hadir di Telkom University

Bandung, Students Tel-U – oBike merupakan sebuah aplikasi yang menyewakan sepeda kepada pelanggan yang berasal dari Singapura. Penyebaran oBike sendiri sudah tersedia di 13 negara, diantaranya Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Australia, Swedia, Itali, Belgia, Swiss, Spanyol, Jerman, Austria, dan Inggris. oBike sendiri hadir di Telkom University pada awal bulan Januari dengan  jumlah sepeda yang hingga saat ini terhitung sebanyak 215 sepeda dari target 1.000 sepeda yang didatangkan. Selain Telkom University, ada Nanyang Technological University, University of Malaya, dan Universiti Tenaga Nasional Malaysia yang bisa menikmati oBike ini.

Sepeda oBike di kawasan Telkom University yang sudah terstandarisasi nasional Indonesia (SNI). Foto: ERR

Hadirnya oBike di Telkom University ini menurut Haris Hartaman selaku Kepala Bagian Pengendalian dan Pengembangan Aset karena kampus masuk ke dalam peringkat UI Greenmetric dengan peringkat kesembilan yang mempunyai upaya untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor dan emisi karbon. Hal tersebut sesuai dengan konsep oBike pula untuk menciptakan smart green city.

“Luasnya wilayah kampus juga menjadi patokan mengapa kami memfasilitasi oBike ini, serta kami harus berinvestasi namun tidak mengeluarkan lebih banyak uang,” tuturnya lagi.

Harga resmi untuk penyewaan sepeda melalui oBike ini akan diumumkan saat grand lauching pada bulan Maret nanti. Untuk saat ini hanya tersedia voucher dengan harga Rp. 35.000 untuk 200 orang pertama dan Rp. 50.000 setelah 200 orang pertama. Voucher tersebut bisa digunakan untuk 300 kali pemakaian dimana satu kali pemakaian diberikan waktu bersepeda selama 2 jam.

Titik-titik penyewaan oBike sendiri bisa dijumpai di setiap gedung yang telah tersedia dock sepeda, seperti Gedung Serba Guna (GSG), parkiran motor FIT, Gedung K, Gedung FEB dan FKB, Masjid Syamsul Ulum, dan sekitaran asrama putra. Penggunaan sepeda hanya bisa dilakukan di kawasan kampus. Jika ada yang bermaksud untuk membawanya hingga ke luar, pihak keamanan dengan segera mengingatkan pengguna.

Aturan dalam penggunaan oBike

Aturan dalam penggunaan oBike

Sepeda oBike ini dirasa bermanfaat dan memudahkan mahasiswa jika mereka ingin menuju ke lokasi dengan jarak yang jauh. “Bisa sambil olahraga juga jika naik sepeda oBike ini. Penggunaannya juga mudah, hanya menggunakan aplikasi dan mengaktifkan bluetooth. Pokoknya seru banget deh kalau bareng teman-teman. Selain mudah, bisa mengehemat waktu pula,” ungkap Ratih Oktaviani, mahasiswa S1 Desain Interior 2017 ini kepada Students.

Harapan Telkom University dengan adanya oBike adalah agar mahasiswa bisa saling menjaga dan merawat fasilitas yang sudah ada, serta meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor yang sekarang ini jumlahnya semakin meningkat. (ERR/KAS)

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *