Nurani Fitriyah, Mahasiswi Tel-U, Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Kopertis IV

Bandung, Tel-U- Nurani Fitriyah, mahasiswi Teknik Telekomunikasi Telkom University (Tel-U) angkatan 2012, berhasil menjadi juara 1 mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis IV 2015. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kopertis Wilayah IV. Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahunnya guna mencari tiga mahasiswa perwakilan kopertis untuk mengikutri seleksi nasional.

Seleksi berlangsung di Kantor Kopertis IV, Senin (11/5), diikuti oleh mahasiswa terbaik dari setiap perguruan tinggi swasta di wilayah kopertis IV Jawa Barat dan Banten. Penilaian kompetisi dilihat dari prestasi mahasiswa, baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

“Seleksi dilakukan melalui beberapa tahap. Di antaranya tes kepribadian, tes kokurikuler dan ekstra kurikuler, tes wawancara bahasa inggris serta tes presentasi karya tulis ilmiah, ” kata Nurani. Ia menyebutkan, karya tulis yang dibuatnya mengangkat topik tentang kaitan Telekomunikasi dengan regulasi dan hukum di Indonesia. Karya tulis ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Sebagai juara pertama, Nurani berhak mengikuti tahap seleksi mahasiswa berprestasi di tingkat nasional bersama mahasiswa juara 2 dan 3. Sebelum ke tahap seleksi nasional, Nurani akan memperoleh pembinaan langsung dari Kopertis.

“Rencananya, saya akan terus berkonsultasi dengan pembimbing terkait karya tulis ilmiah yang saya buat. Pastinya saya akan banyak berdoa, itu penting, ” kata Nurani.

Menurutnya, kompetisi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mahasiswa. mahasiswa dituntut tak hanya pintar di bidang akademik saja, melainkan juga harus pintar di bidang non-akademiknya. “Semua harus seimbang. Pintar di bidang akademik penting karena menjadi tanggung jawab kita kepada diri sendiri dan orang tua. Sedangkan non-akademik penting sebagai ajang pengembangan diri dan untuk memperluas hubungan, ” ucapnya.

Nurani berharap dirinya bisa mempertahankan prestasi ini hingga tingkat nasional. (purel)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *