Niat Melanjutkan Kuliah ke Luar Negeri? Berikut Tipsnya

Bandung, Students Tel-U – Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah adalah hal yang sangat didambakan. Tetapi, tidak banyak juga mahasiswa sekarang yang setelah lulus masih tetap ingin melanjutkan studinya. Dengan ini, mereka bermaksud bahwa ingin mempunyai pekerjaan yang lebih tepat dan lebih bagus dengan pendidikan yang lebih tinggi. Dan tidak jarang dari mereka yang lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Pasalnya, karena pendidikan di luar negeri jauh lebih baik dan kesempatan kerja lebih terjamin.

Jika ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, disarankan untuk memilih universitas terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilihnya. Nah, ada beberapa tips agar tidak salah memilih universitas.

  1. Datang ke pameran pendidikan

Beberapa universitas sering mengikuti pameran pendidikan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Biasanya informasi ini didapatkan melalui brosur yang tersedia maupun informasi secara langsung dari utusan universitas tersebut. (sebutkan pameran pendidikan universitas internasional di Indonesia)

Pengunjung memadati area stan sekolah asal Inggris pada Pameran Pendidikan Inggris di Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/3). Pameran yang digelar British Council Indonesia itu diikuti sebanyak 17 perwakilan universitas di Inggris yang menawarkan berbagai program pendidikan dan beasiswa. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/Koz/15.

Sumber : beritadaerah.co.id

  1. Kunjungi situs website universitas

Setiap universitas pasti memiliki situs web. Melalui web, maka dapat mengetahui informasi program yang sedang dibuka bahkan informasi mengenai fasilitas dan sarana yang tersedia di universitas tersebut. Selain itu, bahkan beberapa website menginformasikan akomodasi hingga gambaran umum mengenai negara yang menjadi lokasi universitas tersebut.

Seoul University Website

  1. Baca hasil survey dan review

Selain mendaptkan informasi dari website membaca hasil survey dan review dari yang pernah menjadi mahasiswa di universitas tersebut, merupakan hal yang sangat pentig loh. Dari situ biasanya kita bisa mendaptkan informasi yang tidak tertera di website. Dari hasil survey ini juga, kita akan mendapat informasi program unggulan dari masing-masing universitas.

INFOGRAFIK 26-12-2015 beasiswa luar negeri REV fix

Sumber : DIKTI

  1. Forum akademis

sekaang ini banyak kalangan akademis yang berkumpul dalam forum-forum akademis. Hal ini mempermudah kita untuk mencari informasi mengenai berbagai universitas langsung dari orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Bentuknya yang forum juga mempermudah karena kegiatannya berbentuk diskusi, sehingga semua anggota menjadi pemberi dan penerima informasi.

forum-akademisi

  1. Kontak personal

Hal yang lebih memudahkan dalam mencari informasi mengenai universitas yang  menjadi target kita dalah dengan menghubungi melalui kontak personal alumni atau yang sedang menjadi mahasiswa/i di universitas tersebut. Biasanya informasi yang diberikan langsung dari narasumber akan lebih detail.

kontak-person

Sumber : distributorglucoxjogja.blogspot.co.id

  1. Konsultan pendidikan luar negeri

Selain tips di atas, mengunjungi konsultan pendidikan juga dapat menjadai salah satu pilihan yang tepat sebagai penyedia informasi yang cukup lengkap mengenai universitas-universitas yang berada dalam jangkauan layanan mereka. Selain itu, medapatkan rekomendasi program favorit pada universitas-unversitas tersebut juga kan menjadi hal yang kita dapat jika melakukan tips yang satu ini.

konsultasi

Jadi, bagaima masih bingung cara untuk mendaptkan informasi mengenai universitas di luar negeri ? Yuk, coba gunakanlah tips-tips di atas! Semoga bermanfaat. (WAP/MAY)

Sumber : ICAN Education

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *