Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini : “Kisah Keluarga dalam Balutan Emosi”

Sutradara : Angga Dwimas Sasongko

Produser : Anggia Kharisma

Penulis Skenario : Jenny Jusuf

Diangkat dari karya : Marchella FP

Produksi : Visinema Pictures

Genre : Drama Keluarga

Cast : Oka Antara, Niken Anjani, Donny Damara, Susan Bachtiar, Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, Rachel Amanda, Ardhito Pramono, Agla Artalidia

Durasi : 2 jam 1 menit

Tanggal Rilis : 02 Januari 2020

Bandung, Students Tel-U—Tepat pada tanggal 09 Januari 2020 menjadi hari ketujuh penayangan film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) di bioskop Indonesia. Dalam waktu seminggu sejak perilisannya, film ini sudah meraih hingga lebih dari 1 juta penonton. Film NKCTHI sendiri adalah adaptasi dari sebuah buku dengan judul yang sama berisi kumpulan tulisan dengan tulisan-tulisan pendek yang mencerminkan pengalaman pribadi seseorang.

Film NKCTHI mengisahkan sebuah keluarga dengan orangtua yang memiliki 3 (tiga) orang anak bernama Angkasa si anak sulung, Aurora si anak tengah, dan Awan si anak bungsu. Pada awal film penonton langsung dibuat bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada keluarga ini. Penggambaran cerita dengan alur maju-mundur menjadi pilihan untuk menguak satu per satu permasalahan yang terjadi. Dan tentu saja masih tetap sesuai dengan porsi dari masing-masing karakter yang ditampilkan.

Menjadi film drama keluarga, NKCTHI menyuguhkan bagaimana peran dalam sebuah keluarga yang ditampilkan oleh masing-masing karakternya, baik itu seorang ayah, ibu, anak sulung, anak tengah, serta anak bungsu. Dari siapa yang lebih dominan, siapa yang harus taat, siapa yang akan menjadi pelindung, siapa yang menjadi peredam, dan masih banyak hal lain yang tentu lekat dengan selayaknya kehidupan sebuah keluarga. Tidak hanya mengaitkannya dengan ruang lingkup keluarga, perjalanan cerita tiap karakter juga memberi arti bagaimana lika-liku dari kehidupan dunia luar yang sesungguhnya.

Pengemasan film yang menarik menjadikan film NKCTHI pembuka yang manis di tahun 2020 bagi dunia perfilman Indonesia. Pemilihan soundtrack penyanyi solo dan band Indonesia, seperti Kunto Aji, Isyana Sarasvati, Ardhito Pramono, Hindia, Arah, Chiki Fawzi, dan Sisir Tanah menjadi pemanis yang indah dari setiap lantunan yang diperdengarkan. Sebelum penayangan film NKCTHI di bioskop, NKCTHI juga hadir dengan NKCTHI The Series yang berjumlah 3 (tiga) episode dan ditayangkan di platform Youtube. Tidak hanya itu, pihak NKCTHI juga menyuguhkan link bagi setiap orang yang ingin berpartisipasi menuliskan ‘Surat untuk Masa Depan’ lewat situs https://filmnkcthi.com/suratuntukmasadepan/

“Setiap Keluarga Punya Rahasia”, menjadi kata-kata yang menggambarkan keseluruhan film NKCTHI. Munculnya konflik melalui trauma di masa lalu seketika memuncak karena menjadi rahasia yang selama ini telah dipendam tanpa ada keterbukaan satu sama lain. Walaupun dalam penggambaran konflik utama yang masih belum menyelesaikan persoalannya sendiri, hal ini tertutupi dari perpaduan setiap aspek yang sangat menarik. Disertai adanya pesan yang tersampaikan dengan penuh makna, membuat penonton yang menyaksikan film NKCTHI merasakan kehangatan tersendiri dari adanya sebuah keluarga.

Film NKCTHI memang patut menjadi salah satu film terbaik dalam sejarah dunia perfilman Indonesia. Dengan pengambilan gambar yang memanjakan setiap mata yang memandang, permasalahan dalam sebuah keluarga yang sangat nyata, perjalanan cerita mengenai arti kehidupan, penjiwaan dari setiap karakter yang ada, sudah seharusnya karya anak bangsa diapresiasi setinggi-tingginya agar terus terbang lebih tinggi dan semakin tinggi. Jadi dengan ini, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. (adg)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *