sumber: Nalanda Univeristy

Nalanda University Kembali Aktif Setelah Punah 8 Abad

Bandung, Students Tel-U – Nalanda University di India kembali melakukan aktivitas belajar dan mengajarnya setelah ‘tutup’ selama hampir 8 abad. Universitas kuno ini resmi memulai operasional akademiknya per 1 September 2014, Senin kemarin. Meskipun baru 15 mahasiswa didalamnya, padahal ada lebih dari 1.000 calon mahasiswa yang mendaftar. Gopa Sabhrawal sebagai Rektor Nalanda University menegaskan jika hal ini disebabkan karena keterbatasan sumber daya manusia, sehingga tidak semua permintaan untuk menjadi mahasiswa Nalanda tersebut mampu dipenuhi. Sementara itu, pada tahun awal ini Nalanda hanya membuka dua fakultas yakni, Studi Lingkungan dan Ekologi dan juga Sejarah.

Sumber : Nalanda University

Sumber : Nalanda University

Gopa juga menjelaskan lebih detail, dalam masa orientasi mahasiswa baru akan dikemas berbeda. mahasiswa baru akan dibawa tour selama tiga hari menuju tempat ziarah Agama Buddha di kawasan Rajgir. Ia juga menambahkan, jika nantinya pada tahun 2020 Nalanda akan memiliki asrama mahasiswa sendiri, merintis tujuh fakultas baru untuk bidang studi IPTEK, Filsafat, dan Ilmu Sosial. Nalanda juga memproyeksikan diri untuk membuka pendidikan jenjang S2 dan S3.

Kembalinya Nalanda University setelah mati selama 800 tahun terlaksana atas kerjasama antara Pemerintah India dengan 18 negara lainnya yang juga tergabung dalam East Asia Summit (EAS) atau Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur ke-4. Gagasan untuk menghidupkan kembali Nalanda datang dari peraih Nobel Ekonomi, Amartya Sen. Nalanda University didirikan pada abad ke-5 (427-1197 M) atau ketika masa dinasti Kerajaan Buddha Gupta. Ketika itu, Nalanda masuk dalam tujuan favorit para kaum cendikia dunia untuk melanjutkan program studi dan berbagai ilmu falak lainnya. Namun saat masa 1197-1203 M, Nalanda terpuruk dan hancur lebur akibat serangan pasukan Bakhtiyar Khilji dari Turki. Berbagai macam buku, literatur, jurnal dan sebagainya yang terdapat dalam perpustakaan Nalanda ikut hancur karena dibakar oleh Mogul. Menurut sebuah sumber, pembakaran tersebut berlangsung selama tiga bulan dan berujung pada hangusnya semua bangunan di kompleks Nalanda University.

Sumber : Nalanda Univeristy

Sumber : Nalanda Univeristy

Dahulu universitas ini memiliki luas 14 hektare. Pada masa puncak kejayaan Nalanda Univeristy di era kekaisaran Harsha adalah mampu mendatangkan mahasiswa dari China, Yunani dan Persia. Dilaporkan, pada masa puncaknya di abad ke-7 Masehi, Nalanda memiliki lebih dari 10.000 mahasiswa dan tak kurang dari 2.000 pengajar saat itu.

Penulis : ERF

Sumber : Nalanda University/Best College Hunt

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *