Seminar Inspiratif Melatih Fokus diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University (Tel-U) di Aula FKB Tel-U, Rabu (25/3). Menghadirkan pembicara penulis buku 'Sadar Penuh Hadir Utuh, Adjie Silarus. Seminar ini memberi inspirasi baru bagi mahasiswa-mahasiswi Administrasi Bisnis tepat di hari peringatan Business Administration Anniversary Telkom University. (dok. Sekpim Tel-U)

Multitask Belum Tentu Produktif

Bandung, Students Tel-U – Dewasa ini, gadget dan smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Asal terkoneksi internet, manusia mudah terhubung dengan manusia lainnya dimana pun, darimana pun dan kapan pun. Tentu sering kita temui di sekitar kita, sekelompok orang berkumpul dan mereka saling kenal. Namun masing-masing sibuk dengan gadgetnya.

“Apa yang mereka lakukan? Update  status, cek notifikasi, menjawab chatting, membalas email, dan sibuk mengomentari kehidupan orang lain. Seputar itu. Atau seseorang diri dan sedang membuat suatu pekerjaan sambil sibuk dengan  berinteraksi di sosial media. Kemudian ia menjadi tidak fokus mengerjakan pekerjaannya, ” papar Adjie Silarus, penulis buku ‘Sadar Penuh Hadir Utuh’ pada acara Seminar Inspiratif Melatih Fokus, Rabu (25/3).

Seminar Inspiratif Melatih Fokus diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University (Tel-U) di Aula FKB Tel-U, Rabu (25/3). Menghadirkan pembicara penulis buku ‘Sadar Penuh Hadir Utuh, Adjie Silarus. Seminar ini memberi inspirasi baru bagi mahasiswa-mahasiswi Administrasi Bisnis tepat di hari peringatan Business Administration Anniversary Telkom University. (dok. Sekpim Tel-U)

Jelasnya, saat manusia menciptakan sesuatu, namun belum selesai mencipta kemudian beralih melakukan komunikasi dan menerima informasi. Lalu kembali lagi melanjutkan proses mencipta. Kondisi tersebut membuat seseorang kehilangan waktu untuk berpikir kreatif karena kefokusannya untuk memunculkan ide-ide jadi berkurang.

“Mencipta merupakan proses yang benar-benar  berbeda dengan berkomunikasi dan mengkonsumsi informasi. Ini tidak bisa terjadi secara bersamaan, ” kata CEO SukhaCitta ini.

Penulis buku ‘Sadar Penuh Hadir Utuh, Adjie Silarus pada acara Seminar Inspiratif Melatih Fokus diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University (Tel-U) di Aula FKB Tel-U, Rabu (25/3). (dok. Sekpim Tel-U)

Jelasnya, gaya hidup masyarakat jaman sekarang menuntut  seseorang untuk multitask  padahal kenyatannya manusia tidak bisa multitask.Manusia diciptakan hanya untuk bisa fokus pada satu pekerjaan. Jika dipaksakan multitask, manusia tidak akan bisa fokus menyelesaikan pekerjaan secara maksimal. Inilah yang menyebabkan sering kali  pekerjaan menjadi tidak tuntas.

“Tanpa disadari, manusia kini cepat lelah karena terus dipaksakan berpikir tanpa jeda. Dampaknya, multitask  bukan meningkatkan produktivitas, melainkan mengurangi produktivitas seseorang. Lain halnya dengan seseorang yang fokus mengerjakan pekerjannya hingga tuntas, lalu jeda istirahan sejenak kemudian melanjutkan pekerjaan lainnya. Bagaimanapun, otak kita membutuhkan istirahat, ” kata Adjie. “Berilah jeda antara satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya.  Fokuslah dengan satu pekerjaan agar pekerjaan tuntas dan terhindar dari stress, ” tutupnya.

Wakil Dekan I Komunikasi Bisnis Dra. Ade Irma Susanti, MM., PhD (kiri) dan Penulis buku ‘Sadar Penuh Hadir Utuh, Adjie Silarus (kanan) pada acara Seminar Inspiratif Melatih Fokus diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University (Tel-U) di Aula FKB Tel-U, Rabu (25/3).Seminar ini memberi inspirasi baru bagi mahasiswa-mahasiswi Administrasi Bisnis tepat di hari peringatan Business Administration Anniversary Telkom University. (dok. Sekpim Tel-U)

Seminar Inspiratif Melatih Fokus diselenggarakan oleh Program Studi  Administrasi Bisnis Telkom University (Tel-U) di Aula FKB Tel-U, Rabu (25/3). Seminar ini memberi inspirasi baru bagi mahasiswa-mahasiswi Administrasi Bisnis tepat di hari peringatan Business Administration Anniversary Telkom University.

(RT/ERF)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *