Mudik Naik Kereta Api? Beli Tiketnya dari Sekarang!

Bandung, Students Tel-U –       Hari ini, Jum’at (10/04), penjualan tiket mudik Lebaran sudah dapat dibeli untuk keberangkatan H-8 lebaran idul fitri.

Momen mudik atau pulang kampung untuk bersilaturahmi dengan keluarga ini sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia baik yang merayakan hari raya Idul Fitri maupun tidak. Tahun ini, lebaran Idul Fitri diperkirakan jatuh pada tanggal 17 Juli 2015 sehingga arus mudik diperkirakan mulai sekitar tanggal tersebut.

Bagi pemudik yang menggunakan kereta sebagai transportasi mudiknya, tiket kereta api untuk keberangkatan H-10 perkiraan lebaran idul fitri sudah bisa dibeli mulai Rabu (08/04) di stasiun keberangkatan, nomor telepon 121, situs PT. Kereta Api Indonesia, aplikasi KAI Access, beberapa minimarket, kantor pos, dan channel lainnya.

”Hari H-10 sebelum lebaran atau 7 Juli 2015, dalam kalender PT KAI sudah sudah masuk hari pertama masa angkutan lebaran. Karena itu, pembelian tiket KA pada hari itu sudah merupakan pembelian tiket untuk kebutuhan mudik lebaran, ” kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, dikutip dari Republika Online.

Keramaian pemesanan tiket mudik diperkirakan mulai Sabtu (11/04) karena pada hari itu, tiket H-7 lebaran sudah dapat dipesan. H-7 termasuk tanggal dengan arus mudik yang tinggi karena merupakan awal liburan bagi beberapa pekerja dan anak sekolah.

Namun prediksi puncak arus mudik menurut situs resmi Direktorat Jendral Perhubungan Darat pada tahun 2014 ada pada sekitar H-3 lebaran. Dapat dibayangkan ramainya pemesanan tiket kereta mulai Rabu (15/04) yang tentunya akan lebih ramai dari pemesanan tiket mulai Sabtu (11/04).

Bagi mahasiswa dan keluarga yang sudah punya rencana mudik dengan kereta api disarankan untuk selalu mengecek situs tiket Kereta Api selama seminggu kedepan karena tiket kereta api untuk mudik biasanya cepat terjual. mahasiswa yang memiliki rencana mudik pada hari H lebaran dapat mulai memesan tiketnya Sabtu (18/04) minggu depan. (rta)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *