Mitos Seputar Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru yang Sering Kamu Dengar

Bandung, Students Tel-U – Salah satu kegiatan pra-kuliah yang cukup membuat mahasiswa baru (maba) Telkom University cenat-cenut saat ini mungkin adalah kegiatan Orientasi mahasiswa Baru (OMB). Sekarang, kamu akan lebih mengenal OMB dengan istilah PKKMB atau Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus.

Merujuk pada kata ‘tangguh’ dalam tema PKKMB 2016, yaitu “Membentuk Generasi Muda yang Tangguh dan Mandiri”, mulai bermunculan mitos-mitos tentang tangan dingin senior, pakaian ultra-aneh dan tambahan atribut-atribut yang dirasa tak perlu saat pelaksanaan kegiatan orientasi ini bisa jadi salah satu hal paling membuat sebagian orang merasa malas bahkan merasa bahwa kegiatan orientasi sejenis ini sangat-sangat tidak diperlukan.

Wow, benarkah? Apakah kegiatan PKKMB Tel-U 2016 nantinya akan seperti kegiatan-kegiatan mainstream nan kejam dan kerapkali berujung tragis seperti beberapa kampus di luar sana? Pertama-tama,  ada baiknya jika kamu melihat Pedoman PKKMB Tel-U 2016 pada tautan berikut ini.

Berikut mitos dan fakta seputar PKKMB Tel-U 2016 :

  • Orientasi itu dimana-mana ya keras! Seniornya pasti jahat-jahat sama dedeknya 🙁

4088785Wow, sabar dik. Sepanjang sejarah Telkom University berdiri, redaksi kami belum menemukan satu kasus pun mengenai kekerasan senior kepada juniornya pada kegiatan orientasi mahasiswa baru. Pengalaman dari OMB yang sudah-sudah, kegiatan ini selalu diawasi dan dibimbing oleh TNI Batalyon Zipur III Kodam Siliwangi. Bahkan, jika kamu teliti lagi struktrur panitia pelaksana PKKMB 2016 ini, sebagian panitianya adalah orang-orang dari Bagian Kemahasiswaan dan dosen-dosen, lho!

  • Siap-siap deh bertransformasi jadi manusia super aneh!
Kalo anehnya kayak gini gapapa kali ya, lucu juga | gambar : @awkarin

Kalo anehnya kayak gini gapapa kali ya, lucu juga | gambar : @awkarin

Jika kamu adalah salah satu maba yang baik, budiman, dan lebih suka membaca terlebih dahulu sebelum berkoar-koar menuntut jawaban, hal ini tentunya tidak akan membuatmu resah. Pasalnya, seperti yang dijelaskan dalam Pasal 13 mengenai Tata Tertib Peserta PKKMB 2016 dalam Pedoman PKKMB 2016, atribut PKKMB dapat dilihat dalam beberapa cuplikan gambar berikut :pkkmb

pkkmb2

Gimana? Apakah kamu menemukan poin yang menyebutkan bahwa kamu harus membawa sabuk dari untaian jengkol? Dasi dari petai? Kalung permen? rambut dikepang sejumlah tanggal lahir kamu?

  • Pasti nanti mabanya dikasih tugas yang aneh-aneh nih!

Khawatir kamu akan diberi tugas super dadakan yang akan diumumkan malam hari sekitar pukul 10 malam dan esoknya, pagi-pagi sekali tugas itu mutlak harus dikumpulkan? Merujuk pada Pasal 9 ayat 3 tentang Jadwal Kegiatan dan Pengelompokan Peserta dalam Pedoman PKKMB 2016, disebutkan bahwa “Di luar jadwal pelaksanaan kegiatan, peserta PKKMB 2016 tidak melaksanakan kegiatan maupun tugas-tugas tambahan apa pun, dan diberikan waktu untuk beristirahat.”

  • Nanti pasti mabanya bakalan dijemur di tengah teriknya cuaca Dayehkolot yang mengancam kulit putih nan mulus para maba!

4088789

Yuk, kita intip Jadwal Kegiatan Harian PKKMB 2016!

jadwalpkkmb1 jadwalpkkmb2

Berdasarkan jadwal tersebut, satu-satunya kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan ruangan adalah “Disiplin Dasar dan Wawasan Kebangsaan” dan penutupan PKKMB 2016. Berdasarkan pengalaman penulis, kegiatan ini biasanya diisi oleh pelatihan baris berbaris dan sedikit wejangan mengenai Bangsa Indonesia. Jangan khawatir, bagi mereka yang sedang sakit dan tidak bisa mengikuti kegiatan ini, bisa melapor kepada panitia untuk dibawa ke Posko Medis yang telah disiagakan.

  • Tetep aja Kak,  malesin banget ikutan beginian. Toh aku bakalan tetep bisa lulus dan hidup damai nantinya.

Wah, yakin nih? Karena, merujuk pada Pasal 22 ayat 3 mengenai Bukti Keikutsertaan PKKMB 2016, sertifikat yang merupakan bukti keikutsertaan kamu sebagai peserta PKKMB 2016 ini akan menjadi salah satu prasyarat sidang karya akhir dan wisuda kelulusan pada penghujung masa studi di Universitas Telkom.

Bukan hanya itu, peserta PKKMB 2016 juga akan dihadiahi dengan poin TAK sebanyak 5 poin. Apa itu TAK? kamu bisa cari tahu di sini.

Bagi kamu yang masih was-was dengan PKKMB 2016, tak ada salahnya mempersiapkan jiwa dan ragamu melalui tips & tricks menghadapi OMB tahun lalu (baca juga : Tips Menghadapi OMB 2015).

Selamat menjalankan kegiatan pra-kuliah bagi para mahasiswa baru Telkom University 2016. Selamat bergabung dalam keluarga besar Tel-U. Jangan lupa untuk bersikap mandiri dan urus administrasi-mu tanpa dibantu orangtua ya!

(arp)

Keyword(s) :

Komentar

  • Michell

    Lol. Gua ga setuju sama point “dijemur”. Jadwal persis sama dan tempat di tuch juga. Iya emang ga kepanasan di dalem. Gua ngerasain dijemur menuju masuk ke gedung tuch selama 1 jam 1/2 dan duduk di aspal. Benahi dan bidik secara tepat waktu persis batch-batch untuk masuk sesi ke gedung tuch. Sepengamatan banyak yang jatuh pingsan juga. Buat tatib juga tuh yang ramah ke maba jangan judes pembukaan omb minimal. Gua nanya info dijawab dengan nada keras. Buat tegas gaperlu dikerasi. Satu lagi, kakak gue mahasiswa telkom ’12 yang kemarin baru lulus. Mereka tidak sama sekali dipertanyakan untuk sertifikat u/ kelulusan sidang TA/bahkan wisuda. Bahkan kakak saya sendiri mengakui dia tidak diberikan sertifikat. Gua sendiri (2015) sampai saat ini BELUM merasakan kertas sertifikat itu (Teknik).

  • Filuth

    Saya bersedia diperlakukan kasar. Dijemur pun tak apa. Asalkan diperbolehkan dalam peraturan. Tidak melanggar pasal 9 ayat 3 itu. Dan membiarkan saya jadi manusia.

    Tapi kenyataannya, pasal itu pun dilanggar 🙁

    • Halo, jika kamu merasa diperlakukan demikian oleh pelaksanaan PKKMB ini, kamu bisa langsung ke Ged. L untuk komplain ke Bag. Kemahasiswaan ya. PKKMB Tel-U telah dirancang secara seksama dlm Keputusan Rektor (panduan pkkmb), jika memang pihak panitia khilaf dan melakukan kesalahan/melanggar panduan pkkmb, ada sanksi yang akan diberlakukan.

    • Filuth

      Cukup lah. Saya hanya sedang stress. Kasihan panitia, lebih stress. 🙂

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *