Menjadi Mahasiswa Produktif dengan Lakukan 6 Kebiasaan Berikut di Pagi Hari!

Bandung, Students Tel-U – Waktu pagi adalah saat terbaik dalam memulai hari. Memanfaatkan waktu dengan baik untuk melakukan kebiasaan tertentu di pagi hari dapat membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran kita untuk menjalani aktivitas harian yang padat dengan lebih produktif. (Baca juga: Ingin Kuliah Daringmu Berjalan Efektif? Simak 5 Tips Berikut!)

Khususnya bagi kita mahasiswa, memulai kebiasaan pagi yang baik akan dapat membantu kita menjadi seorang mahasiswa yang produktif. Lalu, kira – kira apa saja sih kebiasaan tersebut? Yuk kita bahas satu – persatu!

1.Bangun lebih awal dan hindari kebiasaan nge-snooze alarm

Bangun pagi lebih awal dapat memberikan waktu lebih panjang untuk mempersiapkan hal – hal yang kita perlukan di hari itu. Positifnya, tentu kita tidak akan merasa terkejar atau terburu-buru ketika mempersiapkan diri. Selain itu cobalah untuk selalu bangun di waktu yang sama agar ritme tidurmu bisa lebih teratur. Oh iya jangan lupa juga untuk menghindari kebiasaan nge-snooze alarm ya. Sebab ini akan membawa dampak buruk bagi tubuh kita lho! Salah satunya adalah membuat kita bangun lebih siang dan bahkan merasa mengantuk seharian. Merugikan sekali bukan? Bikin kita ga produktif seharian!

2. Bersyukur dan berdoa setelah bangun tidur itu wajib

Menyisihkan waktu untuk berkomunikasi secara spiritual setelah bangun tidur bisa berdampak besar lho! Kegiatan ini bisa dijadikan suatu reminder atau pengingat untuk menikmati hal-hal berharga yang terjadi dan memohon perlindungan dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Selain memohon, tak lupa kita juga harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan. Kebiasaan ini juga sangat baik kita lakukan ketika memulai hari. Bahkan sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang secara teratur merasa bersyukur, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kesepian, kecemasan, depresi, atau rasa iri.

3. Lakukan olahraga ringan atau sedikit peregangan tubuh

Terkadang kita sering mengantuk atau bahkan kehilangan mood untuk melakukan aktivitas di pagi hari. Akibatnya tentu menjadikan kita “mager” sepanjang hari, bukan? Oleh karena itu cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti contohnya jogging. Atau kalaupun itu masih dirasa terlalu berat juga, kamu bisa melakukan peregangan ringan atau yang sering diistilahkan dengan “ngulet”. Jadi mulai sekarang sempatkan waktu setidaknya satu sampai dua menit untuk melakukan peregangan ya! Dijamin deh kamu ga akan mager – mageran terus seharian!

4. Putar musik kesukaanmu

Siapa sih yang gak suka mendengarkan musik? Mendengarkan musik itu banyak manfaatnya lho! Salah satunya ketika pagi hari kita menyetel musik kesukaan pastinya akan membuat mood kita naik dan tentunya membuat kita merasa bersemangat untuk memulai hari. Jadi sambil bersiap – bersiap, tak ada salahnya untuk memutar playlist kesukaanmu. Dengan mood yang baik tentu harimu akan jadi lebih produktif!

5. Jangan lupa sarapan

Rutinitas pagi yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan adalah sarapan. Mengapa demikian? Sebab, sarapan atau makan pagi akan menjadi sumber energi pertama kita untuk memulai hari. Terkadang banyak orang yang skip sarapan karena alasan terburu-buru dan tak ada waktu untuk menyiapkannya. Tapi tentu hal ini tidak boleh jadi halangan, bukan? Solusinya kita bisa untuk membuat sarapan yang mudah dan praktis, namun tetap sehat tentunya. Contohnya satu lembar roti dengan sedikit olesan selai, segelas susu, biskuit, atau bahkan hanya satu butir buah saja sudah bisa membuat energimu terisi. Jadi mulai sekarang, jangan skip sarapan ya! (Baca juga: Tips Pola Hidup Sehat Ala Mahasiswa)

6. Buat to do list kegiatan yang akan dikerjakan

Agar kegiatanmu lebih terorganisir, tentunya kamu harus membuat semacam “to do list”. Dengan membuat to do list kamu tentunya bisa mengatur waktu dengan lebih baik. Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Semua kegiatan sesuai dengan prioritasnya masing – masing. Membuat to do list di pagi hari dan berhasil mengerjakannya tentu akan membuat kita lebih terorganisir. Dengan lebih terorganisir pastinya akan membuat kita lebih bahagia. Jadi mulai sekarang, jangan lupa buat to do list harianmu ya!

Nah itu dia 6 kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin harimu lebih produktif. Siapa sih yang gak mau jadi mahasiswa produktif? Maka dari itu mulai sekarang biasakan ya lakukan apa yang sudah dipaparkan diatas. Diawal memang mungkin terasa sulit. Tetapi sesuai kata pepatah “bisa karena terbiasa”. Jadi mulailah perlahan – lahan dan jangan cepat menyerah! Semangat Telyutizen!

Sampai jumpa di artikel Students selanjutnya! (ps)

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *