Company visit Yakult
Company visit Yakult

Mengintip Lebih Dalam Tentang C59 dan Yakult

Bandung, Students Tel-U – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Telkom (HIPMI PT Unitel) telah mengadakan kunjungan perusahaan pada tanggal 23 April 2015. Pelaksanaan kunjungan perusahaan ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai program kerja tahunan HIPMI PT Unitel. Kunjungan perusahaan ini diikuti oleh peserta sebanyak 50 orang yang merupakan anggota dari HIPMI PT Unitel.  Acara yang dilaksanakan selama satu hari penuh tersebut mengajak peserta untuk mengunjungi dua perusahaan di dua kota yang berbeda, yaitu C59 di Bandung dan PT. Yakult Indonesia Persada di Sukabumi.

Pada kunjungan perusahaan yang pertama, peserta diajak untuk mengunjungi salah satu perusahaan garmen yang berada di daerah Cigadung Raya Timur, Bandung. Perusahaan garmen tersebut adalah C59 yang telah berdiri sejak 1980 atau 35 tahun lamanya. C59 adalah perusahaan garmen yang memproduksi T-shirt maupun custom design kaos dan kemeja. Dalam kunjungan ke C59 para peserta diperlihatkan proses di perusahaan tersebut, mulai dari pensablonan, menjahit, hingga pengemasan. Namun,  para peserta tidak hanya diajak untuk melihat tetapi juga diberi kesempatan untuk mencobanya.

Hal yang menarik dari perusahaan ini adalah proses produksi manual dari awal hingga akhir dan bukan menggunakan mesin otomatis, disampaikan oleh manager C59 bahwa hal ini dilakukan untuk bisa terus menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar yang merupakan salah satu bentuk dari kepedulian sosial. Bukan hanya didalam negeri, produk C59 juga sudah tersebar keluar negeri, baik dengan merek C59 atau merek lain. C59 tidak hanya memproduksi merek khusus untuk C59 tetapi melayani produksi untuk merek lain, hal ini dilakukan agar mereka bisa bertahan dipasar kompetitif dunia industri dimana semakin banyak pesaing namun minim inovasi.

Proses Jahitan

Proses Jahitan

Selain itu, para peserta juga semakin antusias karena tidak hanya mendapatkan ilmu teori tentang bisnis di C59, peserta dapat praktek langsung dalam beberapa prosesnya, serta mendapatkan softdrink, souvenir, dan diskon belanja 30-50% di C59 store.

Kunjungan perusahaan selanjutnya berlanjut ke desa Pasawahan, Sukabumi, Jawa Barat. Mengunjungi salah satu perusahaan multinasional yaitu PT. Yakult Indonesia Persada. Yakult adalah produsen minuman kesehatan probiotic yang merupakan anak usaha dari Yakult Honsha Co. Ltd, Jepang. Pada kunjungan tersebut peserta diajak untuk mengikuti tur pabrik dengan melihat laboratorium pengamatan dan produksi. Saat mengunjungi laboratorium tersebut peserta diperlihatkan secara jelas bakteri-bakteri baik yang hidup dan terkandung didalam sebotol Yakult dan manfaatnya bagi tubuh. Selanjutnya, tur pabrik dilanjutkan dengan menonton video perjalanan dari perusahaan Yakult dan sesi tanya jawab dengan peserta. Dalam sesi tanya jawab ini para peserta menerima banyak penjelasan mulai dari proses produksi dalam perusahaan, strategi bisnis, dan pemasaran yang dilakukan oleh Yakult. Yakult pun memiliki 2 jalur distribusi, yaitu Yakult Lady & Direct Sales dan yang menarik dari pabrik Yakult ini adalah kolam yang berisikan limbah dari proses produksi yang berada dihalaman depan pabrik.

Limbah Yakult

Limbah Yakult

Perjalanan kunjungan perusahaan ini adalah salah satu bentuk implementasi untuk mewujudkan tujuan dari HIPMI PT Unitel agar semakin banyak pengusaha-pengusaha muda yang dapat berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru. Melalui kunjungan perusahaan ini diharapkan para peserta dapat termotivasi dan mendapatkan banyak ilmu untuk selanjutnya mengaplikasikannya dalam praktek bisnis mereka sendiri. Salam Pengusaha! (rd/md)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *