Gabung Perimatrik untuk Tempuh dan Taklukan Rimba!

Serang, Students Tel-U – Perimatrik merupakan salah satu Unit Kegiatan mahasiswa (UKM)  penempuh rimba atau lebih akrab dikenal degan pencinta alam di Telkom University. UKM ini didirikan pada tanggal 3 Oktober 2002 oleh mahasiswa/i Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) yang memiliki hobi yang sama, yaitu pecinta alam.

Pada tahun ini UKM pencinta alam Tel-U meginjak usia 14 tahun, hingga kini terdapat 11 angkatan dimana pada setiap angkatan memiliki nama angkatan yang menjadi ciri khas, diantaranya angkatan pendiri, Elang Sunda, Bintang Pangparang, Kiara Langit, Lembah Bintang, Pelangi Rimba, Tebing Kenari, belati juang, taruna abhinaya senja, Gelung Bhinekara dan angkatan pada tahun ini yaitu Bentang Buntara.

Dalam UKM penempuh rimba ini terdapat empat divisi yang bisa diikuti, tetapi keempat divisi ini akan dipelajari oleh semua anggota. diantaranya :

  1. Gunung Hutan

Divisi ini merupakan divisi yang menaungi seluruh kegiatan hutan rimba yang berkenaan dengan ilmu mountaneering, dimana ilmu ini mempelajari mengenai bagaimana cara mengatasi lintasan di pengunungan baik menggunakan alat ataupun tidak. kegiatan-kegiatan mountaneering meliputi survival  yaitu kegiatan-kegiatan untuk dapat bertahan hidup di alam, SAR (Search and Rescue) yaitu teknik yang berkaitan dengan kegiatan untuk mencari dan memberikan pertolongan kepada manusia, P3K, Navigasi yaitu ilmu yang mempelajari dengan media peta dan kompas, lalu yang terakhir adalah pionering, dimana didalamnya mempelajari membuat bangunan darurat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

perimatrik2

2. Panjat Tebing

Divisi yang menaungi kegiatan panjat papan dan tebing. ilmu yang dipelajari yaitu Single Rope Technic (SRT) atau salah satu tenik yang digunakan untuk panjat tebing, lalu mempelajari teknik pemanjatan, safety procedure pemanjatan atau prosedur keamanan dalam panjat tebing dan masih banyak hal yang lain yang berkaitan degan panjat tebing yang dipelajari pada divisi ini.

perimatrik

3. Olahraga Arus Deras

Divisi ini adalah divisi yang menaungi kegiatan dengan arus liar. Mempelajari Ilmu teknik mendayung, struktur sungai, ragam jeram hingga hambatan disungai yang berpotensi untuk dihadapi saat melakukan rafting. Cocok banget nih buat kamu yang senang bermain rafting.

Kiki-2

4. Konservasi

Nah divisi yang satu ini cocok banget buat kamu yang senang akan merawat tumbuhan. Jadi, biasanya divisi ini melakukan perawatan akan tumbuhan yang berasa di sekertariatan UKM perimatrik dan beberapat tempat dikampus seperti danau galau, juga menanam tumbuhan pada tempat-tempat yag memang perlu ditanami tumbuhan, agar kampus kita tetap go green.

Dari keempat divisi yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa kegiatan yang biasanya di lakukan secara rutin oleh para pencinta alam ini, yaitu :  DIKLATSAR yaitu pendidikan dan pelatihan dasar untuk anggota baru yang akan dilantik menjadi anggota muda. Lalu, masa Bimbingan, nah di sini para anggota muda akan mempelajari keempat divisi dalam periode tertentu. Selanjutnya pengembaraan, dimana para anggota muda sedang dalam proses pengujian untuk menjadi anggota tetap. Selain itu, PERIMATRIK juga turut mengadakan aktivitas yang mengasyikan seperti Fun Rafting (Mari Basah), Fun Hiking (Mari Piknik), Fun Climmbing dan Hammocking (Mari Bermain) yang terbuka untuk seluruh mahasiswa/i dan tentunya pelatihan anggota serta ditutup dengan Rapat umum Anggota (RUA) untuk memilih anggota periode selanjutnya

Dalam 2 tahun terakhir ini, UKM pencinta alam Tel-U berhasil meraih juara 3 lomba lintas alam Nasional pasada Zelaus di Jawa Tengah dan Juara 1 lomba lintas alam nasional di Ponorogo lho. Dan hal unik yang dimiliki UKM ini adalah keanggotannya berlaku seumur hidup. Jadi meskipun sudah lulus masih  berkewajiban dalam organisasi.

Bagi kamu yang tertarik untuk gabung dengan UKM perimatik bisa langsung cari tahu lebih dalam silakan langsung kunjungi kontak di bawah ini :

facebook fanpage : PERIMATRIK
twiter : @perimatrik
ig : @perimatrik

Line : @ygx1448n
website : perimatrik.org

Sumber : UKM Perimatrik

(MAY)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *