Mengenal Sistem Transportasi Cerdas di Telkom University

Bandung, Students Tel-U        mahasiswa berbondong-bondong memadati ruang N309 atau Communication System Laboratory untuk menghadiri seminar TRANSPOLOGY pada Sabtu (25/04).

Acara ini diselenggarakan oleh Divisi Riset Communication System Laboratory Fakultas Teknik Elektro mulai pukul 08 :00 WIB sampai pukul 12 :00 WIB. Seminar yang mengangkat tema Intelligent Transportation System for Indonesia Smart Future ini mengenalkan mahasiswa kepada sistem transportasi yang diterapkan kini dan di masa depan.

“Kebetulan laboratorium ini sedang menjalankan riset tentang ITS, ” kata Julika Ghifari selaku ketua pelaksana seminar TRANSPOLOGY, “kami ingin belajar sambil berbagi ilmu kepada masyarakat luas barangkali ada juga yang berminat riset ITS”.

Seminar TRANSPOLOGY turut mengundang Sony Sulaksono Wibowo, PhD. dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI)  Jabar juga I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T. dari Information Network and System Research Laboratory dari STEI ITB. Seminar ini juga sempat dihadiri oleh Ibu Rina Pudjiastuti selaku dekan Fakultas Teknik Elektro dan beberapa dosen dari Fakultas Teknik Elektro.

Pak Sony sebagai pembicara pertama memperkaya pengetahuan peserta seminar dengan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang sedang dan akan diterapkan pada sistem transportasi di Bandung demi meningkatkan kualitas transportasi dan membuat masyarakat merasa aman dan nyaman menggunakan fasilitas kendaraan umum.

Lulusan Teknik Sipil ITB ini juga memberi sedikit bocoran rencana peningkatan kualitas transportasi bersama Walikota Bandung seperti pengadaan ATCS (Automatic Traffic Control System), Road Pricing, Automatic Park on Street, dan sebagainya. Pak Sony juga mengenalkan sistem bike sharing yang sedang dikembangkan di Bandung.

Melengkapi pemaparan Pak Sony, Pak Agus menjelaskan tentang apa itu Intelligent Transportation System dan apa saja teknologi yang sudah dan dapat dikembangkan di Indonesia. Pak Agus mengenalkan konsep-konsep Intelligent Transportation System dan hubungannya dengan pembangunan Smart City.

Kedua pembicara juga mengajak mahasiswa untuk aktif berdiskusi dan memberi edukasi mengenai Intelligent Transportation System. Pak Sony mengajak mahasiswa untuk bergabung dalam forum diskusi transportasi antar perguruan tinggi (FSTPT) untuk memperkaya pengetahuan bahkan menggunakan keahliannya untuk perkembangan transportasi Indonesia. Pak Agus pun menghimbau mahasiswa untuk memberi edukasi kepada orang terdekat supaya ikut mendukung dan mengembangkan transportasi cerdas untuk Indonesia.

Pak Agus juga mengenalkan buku karyanya untuk membantu peserta yang ingin tahu lebih lanjut tentang Smart City dan mahasiswa yang mengambil tugas akhir tentang Smart City. Beliau juga menyumbangkan bukunya yang berjudul “Green Computing” ke perpustakaan untuk menambah pengetahuan mahasiswa.

Menurut Rosalira, peserta seminar TRANSPOLOGY, seminar ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang Intelligent Transportation System. “ITS itu kan lagi ngehits sekarang, jadi ingin tahu juga, dan kesampaian saat ikut seminar ini, ” tambah mahasiswi S1 Teknik Telekomunikasi 2013 itu.

Pernyataan puas juga datang dari peserta senior yang datang dari PT. Yu Won Technology. “Hanya saja, seharusnya ada alat peraganya juga, supaya tidak seperti seminar-seminar lainnya, ” kata Hendra Rahmat, saah satu peserta seminar dari perusahaan dari Serang tersebut. (rta)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *