Mengenal Sedikit Seputar S1 Teknik Komputer Telkom University

Bandung, StundetsTel-U Program studi S1 Teknik Komputer secara resmi terbentuk pada tanggal 16 Januari 2007, dengan memiliki 3 peminatan keprofesian : hardware, software dan networking. Kurikulum prodi S1 Teknik Komputer dirancang dengan total beban 144 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Dengan didasari pada gambaran umum mengenai organisasi kampus di tingkat himpunan program studi, yang bergerak pada aspek pengembangan minat dan bakat anggota khususnya keprofesian dan akademis. Meskipun bisa di katakan sebagai prodi yang masih berusia muda, namun berbagai macam prestasi telah ditorehkan oleh mahasiswa/i Teknik Komputer, seperti winner INAICTA 2014 dan merit award APICTA 2014 yang diperoleh tim Turangga, memenangkan kejuaran overclocking dan masih banyak lagi. Selain memiliki prestasi dalam berbagai kompetisi, pengembangan riset yang dilakukan oleh anggota laboratorium teknik komputer juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat salah satunya adalah Montrash (sistem pelacak sampah). Untuk para alumni S1 Teknik Komputer bekerja di berbagai bidang, seperti perusahaan telekomunikasi, IT, perbankan, kedinasan dsb.

Prodi S1 Teknik Komputer beranggotakan mahasiswa/i prodi S1 Teknik Komputer. Saat ini total mahasiswa aktif S1 Teknik Komputer berkisar 800 mahasiswa (angkatan 2012-2015).Anggotanya terbagi menjadi 3, yaitu : anggota penuh, untuk menjadi anggota penuh harus lulus tahap pengkaderan awal (Overclock). Keuntungan menjadi anggota penuh adalah dapat menjadi bagian dari BPH, mempunyai jaket jurusan serta memiliki hak untuk dipilih menjadi Ketua Umum Himpunan. Selanjutnya anggota biasa dan yang terakhir adalah anggota khusus, anggota khusus ini ialah mahasiswa/i D3 Teknik Komputer yang melanjutkan kuliahnya di prodi S1 Teknik Komputer.

Prodi S1 Teknik Komputer memiliki himpunan yang bernama Himpunan mahasiswa S1 Teknik Komputer (HM Teknik Komputer), adalah himpunan yang menaungi mahasiswa/i program studi S1 Teknik Komputer. Himpunan ini berawal dari suatu wadah Badan mahasiswa Jurusan (BMJ) yaitu Keluarga Jurusan Sistem Komputer (KJSK) yang berada pada naungan departemen kemahasiswaan Himatel (Himpunan mahasiswa fakultas elektro dan komunikasi). Pada saat itu di KJSK telah terdapat suatu badan eksekutif yang memiliki peran dalam melaksanakan serta mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan jurusan Sistem Komputer, badan eksekutif tersebut bernama Corps Batallion (CB). KJSK berdiri berdasarkan atas keinginan mahasiswa/i Sistem Komputer untuk membuat suatu wadah yang mampu menaungi mahasiswa/i Sistem Komputer secara menyeluruh, membantu serta menjadi akses ke himpunan fakultas dalam mengkoordinasikan mahasiswa/i S1 Sistem Komputer. Seiring dengan semakin berkembangnya kampus dan meleburnya IT, IM, Poltek dan STISI Telkom menjadi Telkom University, maka terjadi pula perubahan struktur organisasi mahasiswa. Kongres mahasiswa Telkom University menyepakati akan adanya himpunan di tingkat program studi, sehingga KJSK berubah menjadi organisasi baru dalam bentuk himaprodi (himpunan mahasiswa tingkat prodi). HM Teknik Komputer secara resmi berdiri setelah disahkannya dasar hukum berupa AD/ART dan GBHO pada tanggal 30 November 2014 dengan nama awal HMSK (Himpunan mahasiswa Sistem Komputer), dan akan berganti nama menyesuaikan nomenklatur program studi yang semula S1 Sistem Komputer menjadi S1 Teknik komputer.

Lembaga kelengkapan organisasi himpunan HM Teknik Komputer berupa badan ekskutif yang bernama Badan Pengurus Harian (BPH), badan legislatif yaitu Badan Perwakilan mahasiswa (BPM) serta kepanitiaan yang melingkupi segala aspek kegiatan jurusan. HM Teknik Komputer memiliki beberapa atribut seperti jaket dengan ciri khas berupa tulisan jargon teknik komputer di bagian belakang dengan bentuk penulisan tag HTML yang memiliki makna intelektualitas mahasiswa/i Teknik Komputer dan bendera dengan disertai lambang jurusan. Semua atribut HM Teknik Komputer berwarna latar berupa hijau army/hijau gelap dengan mempunyai arti ketegasan, kedisiplinan, low profile dan rendah hati. Untuk lambang jurusan sendiri, tampak seperti processor hal ini didasari oleh keprofesian pada prodi S1 Teknik Komputer yang bergerak pada Embedded System. Lambang dari jurusan ini mempunyai arti yaitu :

 

Sumber : https://twitter.com/HMSK_TU

  1. Hijau melambangkan ciri khas dari program studi Teknik Komputer. Hijau juga dari sudut pandang psikologi warna bermakna memiliki sifat pembaharuan dan berpegang teguh pada prinsip.
  2. Biru melambangkan ciri khas dari logo institusi pada saat prodi S1 Teknik komputer berdiri (IT Telkom). Biru juga memiliki makna keteraturan dan keteguhan serta sangat erat kaitannya dengan teknologi.
  3. Lingkaran bulat berwarna hijau di tengah-tengah kotak melambangkan pin-pin dari sebuah prosesor. Melambangkan sifat universal dari tiga bidang utama program studi Teknik Komputer yaitu jaringan komputer, mobile device dan robotik.
  4. Gelombang di antara pin-pin lingkaran, bermakna keselarasan antara jaringan komputer nirkabel dengan perangkat mobile device.
    Lingkaran biru dengan kata SK secara tertulis melambangkan sejarah identitas dari program studi Teknik Komputer yang sebelumnya bernama Sistem Komputer.
  5. Bingkai persegi dengan sudut lengkung bulat di setiap sudutnya mengesankan kekokohan. Sedangkan bayang berwarna biru merepresentasikan sifat modern dan dinamis
  6. Jenis huruf pada tulisan Teknik Komputer mengesankan sifat modern, kontemporer dan efisien.

Jargon dari HM Teknik Komputer adalah #Turn on the future yang memiliki makna bahwa mahasiswa/i Teknik Komputer di persiapkan untuk menyongsong masa depan dengan ilmu baik hardskill dan softskill yang telah di dapat selama kuliah. Terutama kelak teknologi akan semakin berkembang dan persaingan dalam bidang teknologi semakin ketat. Jargon ini juga terinpirasi dari slogan yang tertera pada banner yang dibuat mahasiswa/i angkatan pertama/2007 Teknik Komputer, ICT without computer is nothing !

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *