Mengenal Lebih Dekat Program Studi MBTI Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Program Studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) adalah Prodi yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi ini memiliki 2 kelas yaitu International ICT Business (lebih dikenal dengan sebutan ‘MBTI Inter’) dan MBTI Reguler.

Program Studi yang dikepalai oleh Ibu Fetty Poerwita Sary, ini telah berdiri sejak tahun 1997. Dahulu MBTI lahir bukan atas nama Telkom University (Tel-U), namun MBTI lahir dari sebuah Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB). STMB merupakan generasi pertama sebelum berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom).

Setelah berubah menjadi STMB Telkom pada tahun 2004, STMB Telkom bertransformasi menjadi Institut Manajemen Telkom pada tahun 2008 dan pada tahun 2013 IM Telkom, IT Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom bertransformasi menjadi Telkom University.

Faktanya pada tahun 1997, penerimaan mahasiswa Baru pertama yang dilakukan oleh program studi strata-I MBTI hanya mencapai 50 orang dikarenakan STMB belum memiliki pengalaman dalam mengelola jumlah mahasiswa yang mencapai ribuan orang dan STMB sangat memperhatikan pengelolaan program studinya yang mengacu pada skala yang baik dan berkualitas.

Dimulai pada tahun 2009, muncul program studi baru yaitu International ICT Business atau lebih dikenal dengan julukan ‘MBTI Internasional’ yaitu sebagai batu pijakan pertama untuk mewujudkan cita-cita IM Telkom pada masa itu yaitu untuk menjadi World Class University. Untuk angkatan pertama program studi tersebut, IM Telkom menyeleksi 30 calon mahasiswa terbaik, dengan komposisi 85% mahasiswa dalam negeri dan 15% mahasiswa luar negeri. Pada angkatan pertama ini juga, diberikan kesempatan untuk lulus dalam masa waktu 3 tahun.

Akreditasi pertama yang diterima oleh program studi MBTI diterima pada tahun 2002 dengan mendapatkan predikat ‘A’ dan sampai saat ini Predikat tersebut belum pernah berubah. Hal yang mendasari tersebut adalah Ikatan Alumni MBTI yang kuat dalam membina alumnusnya serta mahasiswanya. MBTI memiliki Himpunan mahasiswa yang bernama HMBTI (Himpunan mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika).

HMBTI berdiri sejak tahun 2013 dan dalam waktu 2 tahun, Himpunan tersebut berhasil mencetak kader-kader berkualitas melalui program kerja yang dibangun sebelumnya.

Terdapat 2 Konsentrasi di MBTI yaitu Telcomatic (Telecommunication and Informatics) dan Medcont (Media & Content). Masing-masing konsentrasi memiliki ciri khasnya masing-masing, Telcomatic menitikberatkan kepada ilmu ICT sementara Medcont menitikberatkan pada ilmu seputar industri Media dan Konten. Kurikulum keduanya dapat dilihat di ‘Daftar Mata Kuliah bagi Prodi MBTI (Kurikulum Baru)‘.

Untuk profil bidang kerja alumni MBTI juga beragam. Industri Telekomunikasi (vendor dan operator), Pendidikan (dosen dan guru),   Perbankan, Media bahkan dunia Entrepreneur itu ciri khas alumni MBTI.

mahasiswa yang berada di Jurusan ini dipaksa untuk mempunya sifat Inisiatif dan Kreatif dalam memecahkan masalah. Bidang yang dipelajari pada jurusan ini juga tidak hanya fokus ke satu hal saja, 5 fungsi bisnis (Akuntansi, Keuangan, Manajemen Operasi, Sumber daya manusia dan ICT) akan dipelajari di sini. Tidak secara mendalam namun fokus kunci ilmu tersebut harus dapat dikuasai oleh mahasiswa MBTI.

Akhir kata, Program Studi ini memiliki visi yang harus diwujudkan pada tahun 2021 yaitu

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang manajemen dan bisnis konvergensi dengan semangat kewirausahaan di tingkat regional pada tahun 2021.- Visi Program Studi MBTI

FI : Sumber

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *