Mengenal Lebih Dekat Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Program studi S1 Ilmu Komunikasi berdiri pada tahun 2008 yang pada saat itu masih berada dalam naungan IMT (Institut Manajemen Telkom) Tetapi 2 Tahun yang lalu tepat nya pada tanggal 14 Agustus 2013 Saat Institut Manajemen Telkom (IMT), Institut Teknologi Telkom (ITT), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain (STISI) melebur menjadi Telkom University bersamaan dengan itu pula prodi Ilmu Komunikasi resmi berada di bawah naungan Fakultas Komunikasi dan Bisnis yang bertandem dengan Program studi Administrasi Bisnis.

Akreditasi untuk Program studi S1 Ilmu Komunikasi di Telkom University sendiri adalah B menurut Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.011 BAN-PT/Ak-XV/S1/V2012

Mata kuliah yang ada di Program studi S1 Ilmu Komunikasi tidak hanya mengajarkan tentang dasar dan ilmu komunikasi saja, tetapi juga mengajarkan matkul-matkul yang juga berhubungan dengan Komunikasi seperti Human resource ataupun Penulisan berita.

Bahkan hingga matkul berbau bisnis serta menuntut kreatifitas yang dapat menunjang kemampuan mahasiswa dalam berbisnis. Pada saat tingkat satu mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi akan diberikan matakuliah dasar tentang Ilmu Komunikasi.

Karena nantinya pada tingkat II mahasiswa/i Prodi S1 Ilmu Komunikasi akan dibagi menjadi 2 konsentrasi untuk mempermudah mahasiswa/i untuk lebih fokus terhadap minatnya, pilihan konsentrasi yang ada di Prodi S1 Ilmu Komunikasi adalah Broadcast dan Marketing communication (MarComm).

Pada umumnya konsentrasi Broadcast akan mempelajari hal-hal tentang penyiaran, perfilman, penyutradaraan, dsb. Sedangkan untuk konsentrasi Marketing Communication akan mempelajari tentang marketing, human resource, public relation, dsb. Tetapi yang perlu diketahui, apapun konsentrasinya, nantinya akan sama-sama menjadi Sarjana ilmu komunikasi dengan gelar S, Ikom

Sesuai visi Prodi Ilmu Komunikasi “ Menjadi Program Studi bertaraf internasional dalam bidang ilmu komunikasi dan berbasis teknologi informasi” hal ini dibuktikan dengan adanya kelas mobility program yang mana dalam pelaksanaannya menggunakan bahasa inggris dalam proses perkuliahannya, baik pada saat penyampaian materi, diskusi kelas hingga pengerjaan tugas kuliah.

Dengan didukung oleh tenaga pendidik yang masih muda dan memumpuni proses pengajaran pun menjadi semakin mudah dan efisien, di Prodi Ilmu Komunikasi mahasiswa juga tidak hanya belajar di ruang kelas saja tapi juga banyak aktivitas diluar kelas seperti belajar di ruang Lab, banyak Lab-Lab yang dibuat dengan tujuan untuk mendukung dan membantu mahasiswa/i merealisasikan ide-ide kreatif nya.

Lab di prodi Ilmu Komunikasi antara lain; Lab Radio, Fotografi, Produksi Tv dan Multimedia. Dengan ada nya Infrastruktur yang mendukung, maka tidak heran jika di Prodi Ilmu Komunikasi sendiri memiliki Klub-Klub yang berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa/i nya, seperti Klub Fotografi, Ikom Channel, Ready Radio dan ICT Club dan tidak hanya itu mahasiswa Ilmu Komunikasi juga dituntut aktif untuk mengikuti unit kegiatan mahasiswa dan perlombaan-perlombaan yang ada baik itu skala regional, nasional, dan internasional.

Sudah menjadi rahasia umum apabila lulusan sarjana ilmu komunikasi bisa melamar kerja hampir di semua lapangan pekerjaan. Sebut saja dari menjadi dosen dengan ruang lingkup pendidikan hingga praktisi media. Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan hal wajib yang harus dimiliki seseorang lulusan komunikasi.

Hal ini membuat lulusan ilmu komunikasi bisa masuk hampir dari di semua lowongan pekerjaan, mulai dari BUMN, BUMS, ataupun industri media massa baik sebagai Humas, Public Relation Officer, Script writer, event organizer, produser dan sutradara. Begitu pula dengan lulusan dari sarjana Ilmu Komunikasi Telkom University, yang eksis berkiprah di media massa nasional seperti Metro Tv, Trans7, Net Tv, Kompas.com, hingga CNN Indonesia.

Maka tak jarang apabila media massa tersebut kerap mengadakan seminar untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi Telkom University, bekerja sama dengan Prodi dan Himpunan mahasiswanya, Hima Ikom Tel-u.

Hima Ikom adalah organisasi intrakampus bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berdiri dengan rasa kekeluargaan dan kepedulian terhadap keberlangsungan Prodi Ilmu Komunikasi, karena sadar akan pentingnya sebuah organisasi yang dapat menjadi wadah dan mengakomodasi kepentingan mahasiswa dalam menyampaikan informasi baik menyangkut masalah akademik ataupun non akademik.

Dan tahun 2015 ini menjadi tahun kedua bagi Hima Ikom mendampingi prodi untuk Ilmu Komunikasi yang lebih baik. Terbagi menjadi empat departemen yang berbeda dengan tugasnya masing-masing yaitu Departemen Internal mengurus bagian internal Hima Ikom, Departemen PSDM mengawasi kegiatan yang ada di dalam Prodi Ilmu Komunikasi, Departemen Eksternal menjembatani Prodi dengan segala sesuatu di luar kampus, dan Departemen Kominfo membantu mahasiswa dengan memberikan informasi terkait yang ada di Prodi maupun di Universitas.

Berikut adalah akun sosial media HIMA IKOM, Twitter dan Instagram dengan @HIMAIKOMTEL_U, akun Youtube dengan HIMA IKOM TEL_U, dan Blog dengan himakom-unitel.blogspot.com akun sosial media inilah yang menjadi sumber informasi yang dapat diperoleh oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Keyword(s) :

Komentar

  • Assalamu’alaikum min ,
    Saya dari pelajar smkn 7 batam jurusan teknik jaringan akses ingin bertanya , saya punya rencana ingin menjadi mahasiwa di university Tel-U, tetapi terlebih dahulu saya ingin tau lebih dalam mengenai university Tel-U . saya ber minat gabung jurusan teknik telekomunikasi di university tel -u . apa saja ya Prodi / mapel yg akan di pelajarin/ di bahas di university tel-u dan apakah ada pendaftaran secara online . soalnya saya mau merantau ke bandung . Maaf sebelumnya terima kasih banyak min .

    Salam hangat

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *