Mengangumkan, Ini Perjuangan Paskibra Tel-U Untuk Mengibarkan Sang Merah Putih

Bangga bisa bersamamu kawan
Bangga bisa bersamamu kawan
Berjuanglah dengan rasa bangga
Demi sebuah kehormatan……

Bandung, Students Tel-U – Bagi civitas akademik yang melakukan kegiatan dikampus selama bulan Agustus ini, penggalan lirik tersebut pasti sudah tidak asing lagi. Iya, itu adalah penggalan lirik yang selalu digaungkan dalam nyanyian oleh calon Pasukan Pengibar Pendera (PASKIBRA) Tel-U 2017 setiap pemanasan lari di pagi dan sore hari. Mau tahu perjuangan yang dilalui calon PASKIBRA Tel-U untuk bisa mengibarkan bendera merah putih di tanggal 17 Agustus 2017 nanti ?

Mendekati peringatan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, media massa nasional dipastikan ramai dengan pemberitaan kegiatan persiapan dan latihan PASKIBRAKA Nasional di Jakarta. Tapi tahukah kamu? Selain harus bangga dengan PASKIBAKA Nasional di Jakarta, kita sebagai civitas akademik Telkom University patut berbangga karena Telkom University juga punya PASKIBRA-nya sendiri karena tidak semua kampus punya PASKIBRA loh, bahkan PTN sekalipun! Uniknya lagi, PASKIBRA Tel-U dikenal dengan sebutan miniatur PASKIBRA Nasional dikarenakan pasukannya berasal dari seluruh wilayah Indonesia, mulai dari pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara yang menjadi simbol Bhineka Tunggal Ika.

Untuk mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2017 nanti, Paskibra Tel-U sudah melaksanakan persiapan pasukan dari jauh-jauh hari, tepatnya dimulai dari rekruitasi PASKIBRA Tel-U 2017 yang dimulai dari tanggal 19 Mei – 15 Juli 2017 lalu. Untuk mendaftar menjadi calon PASKIBRA Tel-U, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu merupakan warna negara Indonesia, mahasiswa baru Tel-U 2017 dan mengisi formulir pendaftaran.

“Bagi calon PASKIBRA Tel-U yang lolos seleksi, maka diwajibkan untuk datang ke Telkom University dan check in asrama lebih dahulu dari mahasiswa baru lain, yaitu pada tanggal 25-26 Juli 2017 lalu. Setelah melakukan 1st meet pada malam hari (26/8), keesokan paginya (27/8) langsung melakukan 2 rangkaian kegiatan pelatihan,” ujar Edo selaku selaku koordinator kepelatihan Paskibra Tel-U 2017. Jadwal latihan PASKIBRA Tel-U dilaksanakan secara penuh dari tanggal 27 Juli-16 Agustus 2017 tanpa libur sehari pun. Latihan juga dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu sesi 1 dari jam 6-10 pagi dan sesi 2 dari jam 5 sore – 10 malam.

Memang mengagumkan, disaat rekan mahasiswa baru yang lain masih bisa bersantai di kampung halamannya atau sedang tidur di asramanya, para calon PASKIBRA Tel-U ini sudah memulai latihan pada pukup 6 pagi dan baru bisa tidur setelah selesai latihan sesi 2 pukul 10 malam hari. Melihat perjuangan berat latihan non-stop yang harus dilaksanakan, apa ya motivasi dan penyemangat calon PASKIBRA Tel-U ini?  “Saya merasa kangen mengibarkan Sang Merah Putih yang pernah saya lakukan saat SMA dulu. Kalau penyemangat sendiri, tentunya perjuangan teman satu pasukan, arahan pelatih Purna Paskibra Tel-U dan dukungan kampus selalu menjadi pelecut semangat selama latihan ini,” kenang Bimo yang merupakan Danton (Komandan Pleton) calon PASKIBRA Tel-U 2017.

Dukungan kampus memang menjadi salah satu faktor utama berjalan lancarnya kegiatan PASKBRA Tel-U. Setiap tahunnya, pihak kampus melalui Rektorat dan Kemahasiswaan memang selalu mendukung kegiatan Paskibra di kampus ICT ini. Terlihat beberapa kali pejabat kampus pun menyempatkan untuk hadir langsung melihat latihan dan memberikan motivasi kepada PASKBRA Tel-U saat latihan, diantaranya Bapak Andijoko selaku Direktur Kemahasiswaan dan Bapak Dr Ir Heroe Wijanto, MT selaku Wakil Rektor 1.

Rencananya calon PASKIBRA Tel-U 2017 akan dikukuhkan oleh Rektor Telkom University atau perwakilannya di Gedung Bangkit (Learning Centre) pada malam tanggal 16 Agustus 2017 hari ini yang selanjutnya akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih saat upara bendera tanggal 17 Agustus 2017 di Lapangan Rektorat (GSG). “Untuk seluruh mahasiswa Tel-U, jangan lupa datang dan saksikan pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra Tel-U,” harap Bimo.

Itulah perjuangan para calon PASKIBRA Tel-U untuk mengibarkan bendera merah putih esok hari. Sudah sepatutnya kita berbangga Telkom University mempunyai “pasukan merah” ini, Mari kita doakan agar pengibaran berjalan dengan lancar. “Semoga Paskibra tahun ini bisa kembali menaikkan Sang Merah Putih dengan gagah dan menurunkannya dengan terhormat,” tambah Edo. (AAK)

 

Sumber FI : Pengibaran PASKIBRA Tel-U (Purel Tel-U,2013)

Sumber Gambar : Dokumentasi pelatih Purna Paskibra Tel-U

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *