Membahas Citizen Journalist, NET TV Roadshow ke Telkom University

Bandung-NET. MEDIATAMA hari ini mengunjungi Telkom University. Kunjungan tersebut dalam rangka roadshow terkait Citizen Journalist. NET. (New and Entertainment Television) memang sedang menggelar roadshow ke berbagai kota di Indonesia. Dan untuk Bandung, Telkom University-lah yang dipilih. Dan Aula FEB di gedung C dipilih sebagai tempat berlangsungnya acara tersebut.

Rahmat Fitra Wibowo selaku moderator acara tersebut, adalah juga alumni IKOM angkatan 2008 FEB Universitas Telkom. Bowo-begitulah Ia biasa dipanggil-dalam kesempatan ini sekaligus bercerita dan berbagi pengalamannya bekerja industri media.

image

Mengapa ada citizen journalism?

Pertanyaan tersebut terjawab dalam sambutan yang diberikan oleh Bapak Rana Fitra Akbari selaku dosen sekaligus bagian public relations universitas Telkom. Beliau menjelaskan dalam sambutannya, bahwa citizen journalism ada karena 3 hal, yaitu Pertama, karena publik memiliki hak untuk tahu akan informasi. Kedua , Citizen journalism muncul karena kesadaran bahwa setiap orang di dunia ini berhak untuk memberikan informasi.  Terakhir, penyebab lahirnya citizen journalism lahir karena ada kekecewaaan warga terhadap media massa mainstream.

“Dahulu, publik kecewa karena tidak mendapat ruang dari media massa mainstream, sudah saatnya publik ikut berkontribusi dalam berbagi informasi.”, Ungkap Pak Rana menekankan.

Masih menurut Pak Rana, meskipun itu jurnalisme warga, ada kaidah-kaidah yang mesti dijaga. Pertama, kita tidak boleh menganggap gosip sebagai sumber berita. Kedua, tetap menjaga kode etik sesuai UU. PERS No.40 tahun 1999. Berikutnya, UU 11 tahun 2008 tentang undang-undang ITE. Disitu juga ditekankan bahwa warga tidak boleh menginformasikan sesuatu yang sifatnya fitnah.

“Citizen journalism harus tetap memegang nilai-nilai tersebut.”, Jelas beliau menekankan. “Praktek citizen journalism itu bisa Anda lakukan via jejaring sosial Anda masing-masing. Buatlah akun jejaring sosial Anda berguna dan penting untuk publik. Semangat yang diusung dalam Citizen Journalism adalah semangat berbagi untuk publik.”, Pungkas pria yang sudah puluhan tahun berkecimpung di industri jurnalistik.

Saat ini, acara tersebut masih berlangsung.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *