Ingin Jadi Anggota DPM FEB dan FKB? Begini Caranya!

Bandung, Students Tel-U – Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) dimulai sejak tanggal 5 November 2014 kemarin telah membuka kesempatan bagi kamu mahasiswa FEB dan FKB untuk mejadi Dewan Perwakilan mahasiswa FEB dan FKB. Perhelatan besar ini adalah bagian dari Pemilihan Raya yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Raya (KPR) dan Panitia Pemilihan Raya (PPR) FEB-FKB Telkom University.

Apa itu DPM?

DPM adalah singkatan dari Dewan Perwakilan mahasiswa yang dipilih melalui mekanisme musyawarah mahasiswa dan bertugas sebagai perwakilan mahasiswa fakultas sebagai lembaga legislatif tingkat fakultas. Anggota DPM ini juga bertugas menampung aspirasi mahasiswa dan mengajukan aspirasi tersebut kepada pihak tertinggi kampus. Selain itu, anggota DPM diibaratkan sebagai konseptor, tanggung jawab seorang DPM sangat besar. Gimana ga besar? 1 anggota DPM saja mewakilkan 200-250 mahasiswa yang ada di fakultasnya, WOW!

 

Tugas DPM selain menampung aspirasi, apalagi?

Tugas seorang DPM tak hanya sebagai penampung aspirasi. DPM juga diibaratkan sebagai jembatan antara mahasiswa dengan pihak kampus seperti dekan, rektor, dan pimpinan yayasan. DPM juga memiliki tugas dalam mengawasi AD/ART kemahasiswaan, memilihi pimpinan DPM fakultas itu sendiri, memilih dan menetapkan komisi pemilihan umum fakultas dalam pelaksaan pemilihan raya, dan melaksanakan kegiatan rutin sebagaimana layaknya dewan perwakilan mahasiswa.

DPM juga sebagai tim pengawas, lho… DPM mengawasi kinerja BEM dan HIMA yang ada di fakultas masing-masing, mereka menilai kinerja entah itu baik atau buruk bahkan memberikan surat teguran kepada BEM dan HIMA jika melakukan kesalahan.

DPM punya hak apa aja sih?

Hak-hak DPM ada 4, yakni :

  1. Hak Budgeting
  2. Hak Interpletasi
  3. Hak Angket
  4. Hak Rekomendasi

 

Cara jadi DPM, gimana?

Jika kamu merasa yakin, pantas, dan memiliki komitmen serta tanggung jawab yang besar, kalian bisa mencalonkan diri pada saat MUSMA. Mengapa saat MUSMA? Karena calon anggota DPM adalah orang-orang yang dimusyawarhkan dan dipilih dari mahasiswa untuk mahasiswa.

MUSMA untuk tahun 2014 diadakan pada :

5 November 2014 di Lobby Gedung C FEB pukul 19.00

7 November 2014 di Ruang AB Gedung D FEB pukul 19.00

resize dpm

 

 

Udah tau caranya kan? Yuk, merapat ke MUSMA FEB dan yakinkan kami kalau kalian pantas untuk mewakili ribuan mahasiswa FEB dan FKB! (HIP/IR)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *