Malam Kebudayaan Aceh 2017 sebagai Ajang Apresiasi Budaya


Bandung, Students Tel-U – UKMA Telkom University mempersembahkan Malam Kebudayaan Aceh 2017 yang diselenggarakan di Aula Fakultas Industri Kreatif (FIK) pada 10 Februari 2017 pukul 19.30. Acara yang bertemakan “The Golden Era of Aceh Sultanese” itu berhasil memikat hati penonton dengan berbagai macam kebudayaan Aceh yang ditampilkan secara apik dan memukau.

Sebelum persembahan budaya dimulai, pengurus inti dari UKMA Telkom University melakukan serah terima jabatan dari pengurus tahun 2016/2017 kepada pengurus baru untuk periode 2017/2018 dengan harapan semoga UKMA Telkom University bisa menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya.

Cut Setyawati selaku pembina UKMA ini mengatakan bahwa diadakannya malam kebudayaan seperti ini, UKMA ingin menunjukkan yang terbaik di kampus Telkom University. Beliau menambahkan jika UKMA digali dengan baik, akan ada penambahan value tentang kebudayaan Aceh yang ada kepada masyarakat kampus agar kebudayaan Aceh tetap menjadi kebanggaan untuk semua.

Bentuk kebudayaan yang ditampilkan berupa tarian-tarian Aceh seperti Tari Ranup Lampuan, Saman Gayo, dan Ratoeh Jaroe. Selain tarian-tarian yang sudah dikenal masyarakat banyak, penampilan perkusi dengan lantunan lagu-lagu Aceh juga tidak kalah spektakuler dan menambah semangat penonton untuk terus menyaksikan acara ini. Persembahan dari Teater Titik yang menampilkan musikalisasi puisi menambah energi dari acara ini dengan lirik dan puisi yang menyentuh dan suara yang menggetarkan hati.

IMG_9696

Tari Ranup Lampuan yang biasa ditampilkan dalam acara adat untuk menyambut tamu kehormatan.

IMG_9726

Tari Ratoeh Jaroe yang terkenal itu berasal dari bahasa Arab, yaitu Rateb dan Duek, yang diiringi oleh lantunan pujian Allah SWT dengan bahasa Aceh.

IMG_9739

Teater Titik sebagai bintang tamu yang berhasil memukau penonton dengan musikalisasi puisi yang indah dan menyentuh.

Malam Kebudayaan Aceh dengan tema kesultanan ini berhasil memikat hati para penonton sebelum acara dimulai, hingga sedikit kursi kosong tersisa. Acara ini merupakan wujud dari apresiasi budaya Aceh agar makin dicintai dan dikenal. Panitia Malam Kebudayaan Aceh UKMA patut berbangga, acara ini sukses dengan spektakuler.  (kas/arp)

Keyword(s) : , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *