Mahir Edit Video bersama GESTURE 2015

Bandung, Students Tel-U   Himpunan mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika menggelar acara pelatihan Adobe Premiere pada Sabtu (18/04).

Berlokasi di Laboratorium Konten, Gedung D Fakultas Ekonomi dan Bisnis, acara yang bernama “GESTURE 2015” ini merupakan program kerja rutin yang dilaksanakan oleh Divisi Keilmuan HMBTI tiap semester. Program kerja pelatihan oleh HMBTI ini baru berjalan mulai tahun 2013.

“Ini acara pelatihan untuk menambah skill untuk membuat film dan video editing juga untuk membantu mahasiswa dalam mata kuliah Studio Content Development, ” jelas Putri, ketua pelaksana acara pelatihan ini. “Kami sekaligus memfasilitasi orang-orang yang ingin bisa menguasai pembuatan film tetapi memiliki keterbatasan fasilitas.”

Acara pelatihan Adobe Premiere ini dibagi menjadi dua sesi, basic dan pro. Kedua sesi ini memiliki durasi masing-masing 2 jam, dari pukul 10 pagi sampai 12 siang untuk pelatihan basic dan pukul 1 siang sampai 3 siang untuk pelatihan pro.

Sesi pertama mempelajari dasar/basic dari Adobe Premiere dengan materi memasukkan video dan audio, memberi efek video, cutting video, juga membuat video freeze. Sesi kedua mempelajari materi yang lebih rumit seperti membuat timelapse atau membuat video dalam tulisan, video split, dan sebagainya.

“Pelatihan ini biasanya diikuti seminar atau workshop yang terjadwal setelah pengadaan pelatihan, ” tambah mahasiswi S1 MBTI angkatan 2014 ini, “besar harapan kami, peserta pelatihan ini dapat mengembangkan skill yang telah kami berikan dan dapat membuat studio mereka sendiri.”

Meskipun mayoritas peserta berasal dari program studi MBTI dan Ilmu Komunikasi, peserta pelatihan tidak dibatasi dari dalam Universitas Telkom saja. Divisi Keilmuan HMBTI juga mengatakan sudah melakukan sounding ke luar Universitas Telkom dan berhasil mendapatkan beberapa peserta dari luar Universitas Telkom.

Ketua pelaksana acara ini juga menjanjikan adanya pelatihan Adobe After Effects di semester depan. Wah, bisa nih buat mahasiswa yang ingin menambah ilmu video editing-nya.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *