Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini Dia 5 Manfaat Bila Aktif Organisasi di Kampus!

Bandung, Students Tel-U – Hai telyutizen! Selamat sudah resmi menjadi mahasiswa di Telkom University! Awal masuk kuliah ini memang sedang masanya bagi kita untuk lebih mengeksplor kegiatan yang bisa dilakukan di kampus sembari kuliah. Selain mengasah hard skill saat belajar di kuliah, agar seimbang maka kita juga harus bisa mengasah soft skill dengan aktif di organisasi mahasiswa yang pastinya berguna di dunia kerja nanti. (Baca juga: Kiat Kiat Sukses Berorganisasi )

Buat kalian mahasiswa baru, wajib banget tahu nih 5 manfaat bila kalian aktif organisasi di kampus. Kira-kira apa saja ya? Yuk kita bahas!

1. Sarana Untuk Mengembangkan Minat Dan Bakat

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan bila aktif di organisasi adalah sebagai sarana untuk mengasah atau mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki. Potensi yang ada pada diri kamu akan bisa dikembangkan di sini. Kamu bisa memilih organisasi yang memang sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Misalnya kamu tertarik dengan dunia pers kampus di Telkom University, kamu bisa banget gabung bersama kita di Students Tel-U! Jangan lupa terus pantengin Instagram kita ya untuk info lebih lanjut! (Baca juga: Lebih Dekat dengan Students Tel-U Yuk!)

2. Memperluas Koneksi atau Relasi

Manfaat kedua yang kamu dapatkan bila aktif di organisasi adalah dapat memperluas koneksi atau relasi. Hal ini karena ketika di organisasi kamu akan bertemu dan berhubungan dengan seluruh civitas akademika kampus seperti teman-teman se-angkatan, senior, atau bahkan dengan dosen. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan mereka tentu akan membuat relasimu semakin luas.

3. Mengasah Soft Skill

Di kelas saat perkuliahan kita kebanyakan akan belajar materi untuk mengasah hard skill. Untuk menyeimbangkannya maka tentu kamu juga harus berlatih soft skill. Karena kemampuan hardskill dan softskill harus seimbang. Di organisasi hal ini akan bisa kamu dapatkan. Soft skill tersebut seperti kemampuan komunikasi dan negosiasi, teamwork, problem solving, adaptasi, menyusun perencanaan dan strategi, manajemen waktu, sampai kreativitas. Untuk itu yuk semangat mengasah soft skill mu, karena ini berguna banget buat di dunia kerja nantinya, lho!

4. Bentuk Latihan Sebelum Terjun Langsung Ke Dunia Kerja

Kamu bisa menggunakan pengalaman yang kamu dapatkan di organisasi sebagai bentuk latihan sebelum nantinya terjun langsung ke dunia kerja. Apa yang kamu pelajari saat di kuliah didukung dengan apa yang kamu pelajari di organisasi akan membuat kamu lebih bernilai di mata recruiter. Oleh karena itu yuk gabung organisasi kampus sebagai bentuk pemanasan sebelum kamu memasuki dunia kerja nantinya.

5. Mempercantik dan Menambah Nilai di CV

Pengalaman kamu di organisasi bisa banget kamu masukin ke CV. Apalagi jika kamu memiliki IPK yang bagus ditambah dengan aktif organisasi maka akan menjadi nilai lebih buat kamu ketika memasuki dunia kerja. Ini sebagai bukti bahwa kamu bisa mengatur manajemen waktu dengan baik. Ini akan mempercantik dan menambah nilai mu di mata recruiter.

Nah itu dia 5 manfaat bila kamu aktif di organisasi kampus, telyutizen. Namun perlu diingat juga agar kamu tidak hanya aktif di organiasi dan cenderung mengabaikan kuliahmu. Karena itu juga merupakan hal yang penting. Yuk kita sama-sama belajar mengatur manajemen waktu dengan baik agar bisa menyeimbangkan kegiatan kita. Semangat untuk para telyutizen baru 2021! Sampai jumpa di artikel students selanjutnya! (ps)

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *