Lomba Mobil Listik di Pameran Otomotif Terbesar

Bandung, Students Tel-U ⸻ IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) merupakan pameran otomotif terbesar di Indonesia. Acara ini rutin diselenggarakan tiap tahun di Surabaya, Makassar dan juga Jakarta. Tahun ini IIMS Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 25 April sampai 5 Mei 2019 bertempat di JIEXPO Kemayoran. Tahun ini IIMS menghadirkan konsep baru, dengan tema “Your Infinite Automotive Experience” yang memadukan sebuah pameran, industri suku cadang dan aksesoris, edukasi dan juga gaya hidup. IIMS hadir dengan konsep karnival dan digitalisasi dengan mengadopsi terobosan teknologi digital pada semua elemen pameran, Telkom selndonesia. International Motor Show diharapkan menjadi yang terbaik tidak hanya kepada para pecinta otomotif, namun juga kepada siapa saja. Dalam pameran ini tidak hanya menampilkan pameran mobil dan motor saja, melainkan juga terdapat area jual beli, kompetisi, pagelaran kuliner, musik, dan juga sarana edukasi, dan masih banyak lagi suguhan menarik lainnya yang akan tersedia di area indoor dan outdoor pameran. Didalam IIMS akan dipamerkan berbagai produk otomotif dari beragam brand Internasional diantaranya adalah Chevrolet, Mazda, Mitsubishi, BMW, Jeep, Mercedes, Harley Davidson dan Piaggio.

Tahun ini merupakan pertama kalinya diadakan kompetisi Formula Racing Championship yang melombakan mobil balap listrik di dalamnya. Formula Racing Championship merupakan lomba mobil balap listrik yang mengadaptasi regulasi dari Formula SAE, yang merupakan kompetisi mobil balap listrik bagi mahasiswa tingkat Internasional. Ada 5 katagori yang di lombakan pada lomba ini, yaitu Business Plan Presentation, Skid Pad, Acceleration, Endurance, dan Efficiency. Lomba ini akan diikuti oleh 11 perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia, Politeknik Negri Bandung, Politeknik Negri Indramayu, STT PLN, Politeknik TEDC Bandung, Universitas Bangka Belitung, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, serta Universitas Brawijaya dan tentunya Telkom University yang akan diwakili oleh Laboratorium INACOS.

Laboratorium INACOS merupakan salah satu Laboratorium Riset di Faklutas Teknik Elektro Telkom University. Terdapat tiga subriset dari Laboratorium INACOS yaitu Renewable Energy, Indusrial Robotics dan tentunya Electric Vehicle. Di bidang Electric Vehicle, Laboratorium INACOS konsisten mengikuti lomba tingkat Nasional dan meraih juara di katagori pengereman dan percepatan. Untuk mengikuti Formula Racing Championship di IIMS, Laboratorium INACOS akan membuat mobil balap baru yang memiliki kecepatan 80km/jam dan memiliki daya tahan baterai sampai dengan 6 jam. Mobil balap INACOS ini memiliki fitur Battery Management System (BMS) yang membuat daya dari baterai akan lebih stabil dan lebih aman bagi mobil. Selain BMS, Mobil balap INACOS ini memiliki fitur Regenerasi. Saat digunakan, fitur regenerasi berfungsi sebagai pengereman elektrik bagi mobil dan pengisi daya baterai disaat bersamaan. Selanjutnya terdapat sistem monitoring kelistrikan yang diberi nama MEMO (Master Electrical Monitoring). Dengan fitur-fitur tersebut Laboratorium INACOS siap bersaing dengan 10 Perguruan Tinggi lain di lomba Formula Racing Championship pada 25 April mendatang.

Keyword(s) : , ,

Komentar

  • Firman Agung

    Wahh keren

  • wah keren Lomba Mobil Listik di Pameran Otomotif Terbesar

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *