Lebih Dekat, Lebih Akrab dengan Manajemen Desain

selamat datang

Bandung, KMDM Tel-U – Mungkin Mandes (Manajemen Desain) ini masih belum banyak dikenal oleh sebagian dari calon Mahasiswa. Mandes ini memang kalah tenar dibandingkan dengan jurusan favorit seperti Kedokteran, Psikologi, Sastra, ataupun malah Desain Komunikasi Visual itu sendiri. Padahal, Manajemen Desain sebetulnya masih merupakan bagian dari program studi Desain Komunikasi Visual.

Manajemen Desain merupakan satu dari empat perminatan yang terdapat di dalam Program Studi Desain Komunikasi Visual Telkom University, selain Advertising, Desain Grafis, dan Multi Media.

Jadi, apa sih sebetulnya Manajemen Desain itu? Apa saja yang dipelajari dalam jurusan tersebut? Dan bagaimana prospek kerja lulusan Manajemen Desain nantinya? Yuk kita bahas hal tersebut secara rinci.

Manajemen Desain merupakan keilmuan yang mengerjakan aspek yang lebih detail dari sekedar desain, di mana keilmuan ini mengajarkan cara mengatur, memasarkan, dan membuat sesuatu yang baru, lebih dari sekedar proses mendesain dengan tahap yang lebih terperinci dan terstruktur, dengan manajemen proyek yang benar.

Menurut Bijaksana Prabawa selaku dosen Manajemen Desain, di dalam konsentrasi ini Mahasiswa akan memelajari keilmuan desain yang dipadukan dengan keilmuan manajerial. Konsentrasi ini dibentuk sejak tahun 2008, dan Telkom merupakan satu-satunya universitas yang menawarkan program serupa.

[perfect_quotes id=”7024″]

Manajemen Desain sendiri bisa dikatakan mempelajari 2 bidang sekaligus dalam satu wadah, yakni bidang manajemen, dan bidang desain itu sendiri. Manajemen Desain mengarahkan mahasiswa untuk tidak hanya mahir dalam proses mendesain saja, namun juga mengarahkan mahasiswa untuk dapat mengetahui variabel-variabel manajemen seperti penstrategian, pengarahan proyek, mind mapping desain, branding activation, personal branding, dan lain sebagainya, sehingga diharapkan Mahasiswa Manajemen Desain dapat memiliki skill lebih dan menjadi pemimpin bagi desainer lainnya.

Sebagai Mahasiswa baru yang akan kuliah di Manajemen Desain, apa saja yang harus disiapkan? Kamu bisa cari tahu di artikel ini. Nah, untuk daftar mata kuliah yang akan dipelajari di Manajemen Desain, dapat kita cek di sini.

Jangan khawatir dengan prospek kerja lulusan Manajemen Desain. Ruang lingkup pekerjaan yang akan digeluti oleh lulusan manajemen desain akan sangat luas, karena Mahasiswa Manajemen Desain tidak hanya terfokus dalam bidang desain saja, tetapi juga akan menggarap bidang manajerialnya, sehingga kesempatan untuk bekerja menjadi lebih lebar. Contoh prospek kerja seorang lulusan Manajemen Desain adalah Graphic Designer, Art Director, Creative Consultant, Branding Consultant, Marketing Communication, Creative Director, Marketing Consultant/Research, Direct Marketing, Public Relation, dan masih banyak lagi. Tuh, banyak kan?

KMDM-logo

Logo KMDM Tel-U

Manajemen Desain juga memiliki Himpunan Mahasiswa yang bernama Keluarga Mahasiswa DKV Manajemen (KMDM). KMDM ini adalah Himpunan yang menaungi Mahasiswa/i Manajemen Desain dari bidang akademik dan non akademik. Himpunan ini awalnya bernama Keluarga Mahasiswa Desain Institut Manajemen Telkom (KMDI) dibawah naungan BEM SKM. Seiring meleburnya DKV IM Telkom dan DKV STISI Telkom menjadi DKV Telkom Creative Industries School, maka nama KMDI diubah menjadi KMDM.

Visi KMDM
Memaksimalkan potensi anggota himpunan dengan lingkungan sekitarnya.

Misi KMDM

  1. Sebagai wadah tukar pikiran tentang lingkungan desain
  2. Menjadi fasilitator untuk mengolah minat dan bakat
  3. Menjadi media penyalur aspirasi anggota himpunan dengan lingkungannya

Silahkan juga ikuti informasi-informasi terkini seputar Manajemen Desain melalui media sosial KMDM :

Penulis : M. Gustian Farhan
Editor : Mfc

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *