Kuliah Sambil Nambah Uang Jajan? Kenapa Tidak?

Bandung, Students Tel-U – Sebagai seorang mahasiswa, tentu banyak tuntutan dan kebutuhan yang semakin hari semakin banyak. Apalagi jika kamu mengikuti banyak organisasi ataupun event yang membuatmu banyak pula mengeluarkan uang. Kita tetap harus survive dalam menghadapi tuntutan-tuntutan tersebut. Nah, ada beberapa cara nih, agar waktu senggangmu bisa dimanfaatkan untuk nambah uang saku. Ini dia beberapa macam pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengganggu waktu kuliahmu.

  1. Mendaftarlah sebagai Asprak ataupun Asdos

Untuk kamu yang merasa memiliki keunggulan di nilai akademik, maka kamu patut untuk mencoba mendaftar sebagai asprak ataupun asdos. Selain mendapat tambahan uang disetiap kamu mengajar, kamu juga bisa mengasah ilmu yang sudah kamu dapatkan.

  1. Menjadi Guru Bimbel

Menjadi guru bimbel, bukanlah hal yang asing lagi untuk para mahasiswa zaman sekarang. Kamu bisa mendaftarkan diri kamu di tempat Bimbel atau kamu juga bisa mendaftar diri di internet seperti ruangguru.com. Jadi ilmu SMA atupun SMP yang sudah kamu dapatkan dulu, gak akan hilang begitu saja.

  1. Membuka Jasa Servis HP atau Laptop

Jika kamu merasa memiliki keterampilan memperbaiki HP ataupun Laptop, maka jangan segan lagi untuk membuka jasa servis. Karena di era perkembangan seperti sekarang ini, pertumbuhan gadget semakin besar. Namun, banyak pula para penggunanya yang hanya bisa menggunakannya tanpa bisa memperbaikinya. Karena itu, manfaatkanlah keterampilanmu itu agar bisa menjadi ladang bisnis untukmu sendiri.

  1. Magang di Perusahaan Start-up

Daripada hanya membuang waktu kamu di tempat tidur, cobalah mendaftar di perusahaan start-up, karena banyak perusahaan start-up membuka lowongan magang saat liburan semester kampus. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga akan dapat banyak pengalaman bagaimana situasi di dunia kerja yang sebenarnya dan jika kinerjamu bagus, kamu juga dapat direkrut menjadi pegawai start-up tersebut sebelum kamu lulus.

  1. Menjadi Seorang Desainer Grafis

Di era visual seperti sekarang, banyak perusahaan yang mencari jasa pembuatan logo atau design untuk produk yang akan mereka tawarkan. Kamu harus jeli memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada agar ilmu desainmu gak hanya tersimpan begitu saja di folder kreasimu.

  1. Fotografer

Kalau kamu punya hobi hunting foto bareng temen-temenmu dan juga sering update foto kece di instagram. Daripada kamu sia-siakan kreativitasmu dalam hal fotografi cuma buat dapat like yang banyak, coba manfaatkan hobimu sebagai pemasukanmu juga. Zaman sekarang, banyak juga loh, yang membutuhkan jasa fotografer, seperti acara nikahan, acara seminar, dan lain-lain.

  1. Web Developer

Jika kamu menguasai bahasa pemograman untuk membuat website seperti HTML, CSS, ataupun Javascript, cobalah untuk mengimplementasikan ilmu yang kamu punya untuk mengembangkan sebuah website. Di masa depan, semua perusahaan akan membuat website profile company-nya sendiri, jadi manfaatkan ilmu yang kamu miliki ini untuk menambah uang sakumu juga.

  1. Penyiar Radio

Walaupun radio sudah tak se-trending dulu, tapi bukan berarti radio sudah tidak eksis lagi loh. Masih banyak penikmat radio, baik dari kalangan tua ataupun yang masih muda. Jadi, jangan segan lagi untuk mencoba menjadi penyiar radio. Jika kamu sudah cukup bagus sebagai penyiar radio, siapa tahu banyak juga nantinya tawaran-tawaran untuk kamu menjadi seorang MC.

  1. Barista

Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan, tentu nongkrong adalah salah satu tempat refreshing yang paling murah. Tapi, daripada kamu cuma nongkrong doang, cobalah ambil part-time di salah satu coffee shop favorit kamu sebagai barista. Selain dapet nongkrongnya, kamu juga dapat ngisi dompetnya.

Ya, itulah beberapa pekerjaan part-time yang bisa kamu kerjakan untuk menambah duit jajanmu, namun selain pekerjaan diatas, masih banyak lagi pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan, asal kamu dapat jeli dalam melihat setiap peluang yang ada. (VIZ)

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *