Kineruku, Alternatif Liburanmu

Bekasi, Students Tel-U – Libur panjang akan sangat menjemukan jika hanya diisi dengan nongkrong-nongkrong, belanja atau terjebak macet menuju taman hiburan. Kita mahasiswa yang sehari-harinya dipadati dengan segudang acara, rapat dan diskusi, setumpuk jurnal ilmiah dan kegiatan-kegiatan yang menuntut kreatifitas di perkuliahan sangat perlu alternatif lain yang mampu membuat waktu liburan menjadi ajang menemukan ide segar atau inspirasi baru. Kru Students Tel-U akan merekomendasikan salah satu tempat keren yang bisa kamu datangi, dimana kamu bisa membaca buku, mendengar musik atau menontom film gratis disatu rumah bernuansa vintage. Ya, Kineruku!

Kineruku adalah perpustakaan pribadi milik Budi Waskito dan Ariani Darmawan yang dulunya pernah bersekolah di Chicago, Amerika Serikat. Berangkat dari keresahan Rani yang melihat betapa sedikitnya akses publik yang tersedia hari ini terhadap sumber informasi, bermodalkan 400 buku koleksi pribadi miliknya, ia memutuskan untuk mendirikan perpustakaan rumahan pada tanggal 29 Maret 2003 di sebuah rumah tua peninggalan kakeknya.

Awalnya Kineruku yang berlokasi di Jl. Hegarmanah 52 Bandung ini, bernama Rumah Buku. Namun pada tahun 2010, Budi dan Rani dihadapkan pada permasalahan hak paten, yang mana nama Rumah Buku telah dipatenkan lebih dulu oleh usaha lain, sehingga mereka harus mengganti nama Rumah Buku menjadi Kineruku. Arti Kineruku dibangun dari dua suku kata yaitu kine dan ruku. Kine diambil dari kata Cinematic,  yang berarti sinematik, dan Ruku diambil dari singkatan Rumah Buku.

Photo oleh Satyawinnie

Koleksi yang dimiliki Kineruku sekitar 4000 judul buku, 1000 CD musik dan 1000 judul film. Genre yang disediakan mereka seputar buku-buku sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur, seni, desain dan filsafat. Bahkan beberapa buku kontroversial justru mudah ditemukan di sini. Ditemani musik yang syahdu, lampu yang redup dan buku-buku yang tersusun rapi akan menarikmu untuk menghabiskan waktu berlama-lama disana. Rata-rata pengunjung menghabiskan waktunya di Kineruku sebanyak 2, 5 jam. Konsep perpustakaan oleh Kineruku, telah disulap bukan lagi menjadi tempat yang membosankan dan menyeramkan.

Mengutip dari web resmi Kineruku, selain menyewakan buku/musik/film, Kineruku juga menjual buku dan menerima kerjasama titip-jual dengan penerbit-penerbit lokal dan nasional, meliputi buku, majalah, juga produk stationary dan merchandise seperti handmade notebooks, stiker,  totebags, dsb; juga label-label rekaman meliputi CD album penuh,  single, maupun EP. Tersedia juga beberapa vinyl/piringan hitam/plat impor maupun lokal.

Photo oleh Satyawinnie

Dari web yang rutin diupdate informasinya ini juga, kita bisa mendapatkan informasi mengenai buku-buku yang baru sampai atau yang tersedia di rak buku mereka. Dan kineruku.com juga sering kali memposting ulasan dari berbagai penulis mengenai buku, film atau musik-musik berkualitas yang mereka punya. Tidak hanya itu kita juga bisa membeli koleksi buku mereka secara online.

Di halaman belakang perpustakaan Kineruku yang asri, mereka juga kerap kali mengundang ban-band indie ternama seperti The Trees and The Wild, White Shoes and The Couple Company, serta Efek Rumah Kaca. Walaupun Kineruku semakin terkenal dari hari ke hari, pemilik Kineruku tetap menjaga tujuan awal mereka yang mana akan tetap menawarkan buku, musik dan film yang berkualitas tidak asal menawarkan buku populer yang bukan sesuai dengan selera mereka. Bagi mereka kurasi adalah hal yang sangat penting.

Kini karena ketekunan pemilik, Kineruku sudah punya tempat tersendiri di hati 2000 pemuda Bandung yang telah terdaftar sebagai anggota. Tidak hanya nerd, kita sepakat bahwa Kineruku sudah layak dianggap sebagai rumah kedua saat otak butuh asupan nutrisi. Kamu tertarik menjadi salah satu pengunjung Kineruku? (Aul)

Berikut jadwal buka dan akun media sosial yang bisa kamu kunjungi untuk mengorek informasi terbaru tentang mereka ;

Jam Buka :
Senin, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu 10 :00-20 :00 WIB
Minggu 11 :00-18 :00 WIB
Selasa tutup..

Akun Sosial Media Kineruku :

Tlp : +62 22 203 9615
Mobile : +62 878 2428 1152
e-mail : kineruku@gmail.com
Twitter : @kineruku
Instagram : @kineruku
Web : kineruku.com

 

Sumber :

https://inkubuku.wordpress.com/2014/04/02/11-tahun-perjalanan-hidup-kineruku/

http://kineruku.com/about/

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *