Kiat – Kiat Sukses Berorganisasi

Bandung, Students Tel-U – Banyak mahasiswa yang memiliki prinsip ‘study oriented’ dan menganggap kegiatan organisasi itu tidaklah penting. mahasiswa yang ‘study oriented’ yang anti berorganisasi karena tujuan kuliah hanyalah untuk mencari ilmu dan mencapai nilai setinggi-tingginya. Tidak sepenuhnya salah memang, karena kewajiban dan tanggung jawab seorang mahasiswa adalah menuntut ilmu. Namun sayang rasanya jika kita hanya jadi sebatas mahasiswa yang ‘kupu-kupu‘ yaitu kuliah-pulang-kuliah-pulang. Padahal banyak hal dan pengalaman yang dapat di-explore di luar kegiatan perkuliahan seperti kegiatan di UKM, komunitas, kepanitiaan, dan organisasi lainnya.

Banyak juga mahasiswa yang ingin berorganisasi tapi takut waktunya tersita oleh kegiatan organisasi tersebut. Oleh karena itu, simaklah hal-hal berikut yang harus dipikirkan sebelum masuk suatu organisasi supaya waktu yang kita gunakan menjadi bermanfaat dan tidak sia-sia

  • Luruskan niat

Dalam memilih suatu organisasi harus dilandasi dengan niat dan keinginan pribadi, jangan karena diajak teman atau karena ada gebetan. Niatkanlah kita ingin mengambil ilmu, mengembangkan potensi, dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

  • Keuntungan VS kerugian

benefits-blocks

Jangan masuk dalam organisasi tanpa mengetahui keuntungan dan kerugiannya. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya pada yang senior yang telah banyak pengalaman di organisasi tersebut dan pertimbangkan juga kerugiannya jika memilih organisasi tersebut.

  • Sesuaikan dengan target hidup

Selaraskah kegiatan di organisasi ini dengan tujuan hidup kita? Jika ingin berkarir di bidang jurnalistik maka carilah organisasi yang bergerak di bidang jurnalistik juga. Jika ingin berkarir di bidang seni ikutilah organisasi yang bergerak di bidang seni. Jangan berlawanan dengan target hidup. Semua hal yang dilakukan akan terasa enjoy jika selaras dengan keinginan dan target hidup.

  • Be the best!

Jadilah yang terbaik dalam organisasi tersebut apapun posisi atau jabatannya. Jangan hanya ingin disebut-sebut hebat, cukup jalankan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya.

Yup! Jika keempat hal tersebut sudah terpenuhi, kehidupan perkuliahan dan organisasi dipastikan lancar jaya. (GAF)

Referensi : Kholid, Setia Furqon (2014). Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses. Sumedang : Rumah Karya.

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *