Kenapa Kamu Harus Tinggal Di Asrama Telkom University?

Bekasi, Students Tel-U – Salah satu peraturan yang dimilik Telkom University untuk mahasiswa tingkat pertama yang setara dengan TPB (Tahap Penyesuaian Bersama) adalah untuk tinggal di asrama selama satu tahun. Saat mendengar kata “asrama”, mungkin di benak para maba adalah gak enak, gak asik, banyak aturannya, gak bebas, horror, dan sebagainya. Eits, tapi jangan salah kalau tinggal di asrama tidak semenyeramkan itu. Malahan kamu sebagai penghuni asrama malah sudah dapat keuntungan ini! Apa saja ya kira-kira?

  • Belajar bertanggung jawab dan mandiri

Melipat baju sendiri, mencuci pakaian sendiri, tapi belum tentu masak dan tidur sendiri. Sumber: Asrama ABSM

Sama halnya mahasiswa yang hidup di indekos, para penghuni asrama juga akan merasakan bagaimana bertanggung jawab dan hidup mandiri. Bedanya, penghuni asrama juga harus ikut bertanggung jawab demi keselarasan hubungan antar satu kamar yang dihuni oleh empat orang. Membersihkan kamar, memasak makanan untuk bersama agar bisa berhemat, air galon dan token listrik habis harus didiskusikan bersama-sama agar penghuni kamar bisa bertanggung jawab penuh dan lama kelamaan akan tertanam sifat saling rukun. Oh ya, tinggal di asrama juga melatih kemandirian kamu. Siapa tahu kamu yang dulu gak bisa apa-apa, jadi bisa mencuci sendiri pakai tangan, menyetrika pakaian, bahkan mengatur keuangan jika kamu prefer untuk melaundry baju dan memesan makanan lewat delivery service.

  • Bisa mendalami karakter teman sekamarmu dan para tetangga

Rasa saling mengenal dan bagaikan keluarga melalui pembuatan Dorm ID. Sumber: Telkom University Dorm

Kamu sebagai penghuni asrama nanti tidak akan tinggal sendirian. Bahkan dalam satu kamar saja sudah ada tiga ata dua temanmu yang lain, ditambah dengan para tetangga yang berasal dari beragam daerah dengan tingkah yang berbeda-beda. Nah, di asrama inilah kamu saatnya bertemu dengan banyak orang baru dan belajar untuk memahami bagaimana sifat dan tingkah mereka, agar nantinya kamu jadi tahan untuk jadi manusia baperan, jadi lebih tegas, dan jadi lebih terbuka jika ada masalah dengan teman asrama kamu. Para senior residencedi setiap gedung asrama juga siap untuk menerima curhatan dan berbagai keluhan kok, jika kamu merasa tidak mau terbuka dengan teman-temanmu di asrama.

  • Satu tahun bisa dapat TAK sebesar 30

Kegiatan Dorm Sport bulan Maret 2017 juga bisa bikin kamu dan teman satu asrama kompak, lho. Sumber: Telkom University Dorm

Nah, ini yang wajib kamu tahu jika asrama punya kegiatan positif yang bisa buat kamu jadi makin akrab dan makin cerdas dalam bekerja secara kelompok. Jadi, Telkom Dormitory menggagas “Dorm Events” yang bisa kamu ikuti secara gratis. Terus, “Dorm Events” ini juga ada banyak kegiatannya, seperti Dorm Percussion dan Dorm Sport yang diadakan setiap tiga triwulan,  Dorm Saving Trash, Dorm Response, Food Festival, dan sebagainya. Selain Dorm Events juga ada namanya Dorm Team yang seperti struktural dalam kehidupan warga. Nantinya dari Dorm Team akan ada kegiatan bermanfaat lainnya, seperti tadarus bersama seminggu sekali di hari yang telah ditentukan. Jika kamu mengikuti semua kegiatan yang ada di asrama, nantinya akan mendapat TAK sebesar 30 poin. Tuh, kamu intinya sudah menabung TAK dan tanpa perlu susah-susah ikut seminar dan kepanitiaan lebih banyak lagi untuk kedepannya, bukan?

  • Melatih kemampuan wirausaha

Merekalah yang selalu habis dalam satu hari, baik itu dana usaha untuk sebuah event atau dagangan sendiri. Sumber: penulis

Kalau yang ini pasti mahasiswa bakalan gerak cepat banget karena bisa menyimpan keuntungannya untuk jajan atau tambahan uang bulanan yang telah dikirim orang tua. Ya, dagang! Di asrama, apa saja bakalan laku, khususnya makanan. Mau donat berlusin-lusin, pisang meler, makaroni dan keripik pedas, nasi kuning, aneka gorengan dan jajanan pasar pasti cepat ludesnya karena para penghuni asrama (atau termasuk kamu) cepat lapar dan butuh banget makanan. Tidak perlu ke luar dan ribet ganti pakaian, cukup sebut nomor kamarnya saja dan langsung sampai! Nah, mungkin bisa kamu praktikan saat kamu tinggal di asrama nanti. Lumayan ‘kan, untungnya bisa buat ditabung, dan teman-teman lain juga bakal mencari kamu, tapi… mencari apa yang kamu jual sudah ready atau belum.

Kesimpulannya bahwa tinggal di asrama itu asik banget dan banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan. Biar gak menyesal selama kuliah di Telkom University nanti, cobain saja untuk tinggal di asrama dan kamu akan merasakan apa manfaatnya dan keseruan lain yang didapatkan. (kas)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *