Kenali Prodi S1 Desain Produk Tel-U, Sebelum Masuk Jurusan ini

Bandung, Students Tel-U – Desain produk adalah proses untuk menciptakan suatu produk baru. Untuk menjadi desainer produk yang professional, tidak cukup hanya dengan berbekal bakat saja, namun juga dengan pendidikan.

Saat ini, sudah banyak universitas di Indonesia yang membuka program studi desain produk, salah satunya yaitu Telkom University. Telkom University membuka program studi S1 Desain Produk (Despro) yang berada di Fakultas Industri Kreatif (FIK).

Prodi S1 Desain Produk berdiri pada 10 November 1992 yang pada saat itu masih tergabung dalam Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) yang kemudian pada tahun 2013 bergabung menjadi Telkom University.

Saat ini, prodi S1 Desain Produk masih memiliki akreditasi B. meskipun akreditasi masih B, namun kualitas S1 Desain Produk di Telkom University ini sudah dibilang cukup baik. Dengan penerapan ICT yang sudah dilakukan oleh prodi S1 Desain Produk ini, maka bisa dikatakan bahwa lulusan prodi ini akan mendapat prospek kerja yang bagus dan terjamin. Lulusan S1 Desain Produk akan memiliki gelar S.Ds (Sarjana Desain).

Untuk prospek kerja lulusan Desain Produk sendiri beragam, yaitu seperti dapat bekerja di perusahaan yang memproduksi produk-produk sebagai industrial designer dan atau dapat menjadi creativepreneur. Selain itu dapat menjadi manajer produk.

Mata kuliah yang diajarkan pada prodi S1 Desain Produk juga beragam, tidak hanya tentang menciptakan produk, namun juga menggambar dasar. Mata kuliah pada semester 1 dan 2 yaitu meliputi:

  • Nirmana 2D
  • Nirmana 3D
  • Gambar dasar
  • Gambar konstruktif
  • Pengantar seni rupa dan desain
  • Gambar teknik
  • Skeksa cepat
  • Studi kreatif

Prodi S1 Desain Produk memiliki total beban 144 sks yang dapat ditempuh selama 8 semester (4 tahun).

Mempelajari desain produk artinya harus bisa menggambar dan berpikir kreatif. Keahlian menggambar yang nantinya akan dikembangkan menjadi lebih professional. Dengan bergabung di prodi S1 Desain Produk Telkom University, akan diajarkan bagaimana menciptakan suatu produk yang baik dan menghasilkan karya-karya produk dengan hasil rancangan sendiri. Selain itu, teknik menggambar yang baik dan benar pun diajarkan di sini, tentunya juga simulasi bagaimana kondisi saat di dunia kerja nanti.

Desain produk berfokus untuk menciptakan sebuah inovasi produk untuk di masa yang akan datang dan yang pastinya produk itu akan dibutuhkan oleh konsumen.

Untuk kalian yang suka dengan menggambar, mendesain, dan menciptakan sesuatu, tidak ada salahnya untuk bergabung di prodi S1 Desain Produk Telkom University. (wap)

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *