KEMKOMINFO Bantah Instruksikan Blokir DNS Publik Google

Bandung, Students Tel-U – Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu membantah kabar bahwa Kementerian Kominfo telah menginstruksikan kepada penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia untuk memblokir DNS (Domain Name System) publik Google di alamat 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

Kabar tentang penutupan tersebut telah tersebar sejak hari Selasa (7/10/2014). “Tidak ada (pelarangan DNS Google) itu, Kominfo tidak pernah mengeluarkan instruksi seperti itu, ” ujar Ismail Cawidu, Rabu (8/10).

Soal kemungkinan akan diblokir atau tidaknya DNS publik Google, Cawidu menerangkan bahwa hal tersebut akan ditentukan oleh pemerintah di masa depan. “Itu kan masalah kebijakan, jadi tergantung menterinya nanti, ” lanjutnya.

Sementara CEO Biznet Adi Kusuma mengatakan, sesuai instruksi dari Kemenkominfo, Biznet hanya mengizinkan pengguna untuk menggunakan DNS milik sendiri. Sama dengan Biznet, sebelumnya diberitakan bahwa Telkom Speedy juga melakukan blokade terhadap DNS publik Google.

DNS Google sendiri adalah sebuah layanan alternatif DNS resolver milik ISP. Dibandingkan DNS milik ISP lokal, DNS publik dari Google menawarkan keunggulan berupa kecepatan dan privasi yang lebih tinggi. (Mfc)

Sumber

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *