[Students Journalism] Katakan “Tidak !” Pada Apatis

Katakan “Tidak !” Pada Apatis

Oleh   : Syafira

Semasa kuliah, pasti mahasiswa/i tidak asing dengan istilah KuPu-KuPu (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang), KuNang-KuNang (Kuliah-Nangkring-Kuliah-Nangkring), atau istilah terakhir biasanya mahasiswa/i inilah merupakan mahasiswa yang ‘sebenarnya’, yaitu KuRa-KuRa (Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat).

Berbeda dengan masa sekolah, masa perkuliahaan tidak hanya dituntut untuk belajar dan mendapat nilai yang bagus. Tetapi mahasiswa dituntut untuk aktif dengan ikut serta mengikuti himpunan, UKM, dan organisasi lainnya. Hal itu didukung pula dengan banyaknya pilihan Organisasi dan UKM di kampus.

Apatis bukanlah tipikal seorang mahasiswa yang seharusnya. Karena sudah seharusnya mahasiswa/i mengasah kemampuannya dalam berorganisasi guna sebagai pembelajaran saat di dunia kerja. Dan masa-masa kuliah lah, mahasiswa/i diberikan waktu serta fasilitas untuk beroganisasi. Karena sebenarnya, kuliah bukan hanya sebat as bangun pagi, berangkat ke kampus, belajar, pulang, dan dapat nilai bagus.

mahasiswa/i dituntut aktif, dikarenakan dalam dunia kerja tidak hanya dibutuhkan kepintaran dan nilai IPK saja. Tetapi dibutuhkan skill dan pengalaman dalam berorganisasi. Karena seseorang yang memiliki nilai yang sangat bagus pun tidak dapat menjamin dapat diterima sebuah perusaahn besar jika dia tidak dapat bersosialisasi serta kurang baik dalam pengalaman berorganisasinya.

Sehubungan dengan periode baru dalam organisasi di kampus Universitas Telkom, inilah sebuah peluang besar bagi mahasiswa/i Universitas Telkom untuk belajar berorganisasi yang kelak akan dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Banyak pengalaman yang akan didapat saat berorganisasi yang belum tentu bisa didapatkan setelah lulus dari perkuliahaan.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *