Kamu Calon Mahasiswa Desain Tel-U? Apa Aja Yang Harus Disiapkan?

Bandung, Students Tel-U – Banyak yang mengatakan, dunia perkuliahan tidaklah sama seperti saat kita bersekolah dulu. Di kampus, kita akan bertemu dengan suasana yang baru, juga dengan teman-teman baru, yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara. Bagi kamu yang akan menjalani status barunya sebagai mahasiswa/i desain FIK Tel-U (Fakultas Industri Kreatif Telkom University), berikut ini beberapa tips untuk dipersiapkan di awal masa perkuliahan kita.

Niat dan Mental
Niat dan mental akan menjadi modal yang penting, di saat kita akan berkuliah sebagai anak desain Tel-U. Kenapa? Karena di awal perkuliahan, kita akan langsung diberikan banyak tugas untuk setiap mata kuliah oleh sang dosen. Untuk mata kuliah studio, tidak jarang kita harus melewati proses asistensi, di mana kita membuat banyak alternatif untuk sebuah desain. Alternatif-alternatif ini nantinya dipilih satu oleh dosen, untuk kemudian kita buat versi finalnya.

[perfect_quotes id=”6519″]

Kuliah desain itu mahal, duitnya habis untuk tugas…
Seringkali kita mendengar opini tersebut terlontar dari mahasiswa/i desain. Apakah benar demikian? Berikut ini beberapa “alat” yang diperlukan untuk perkuliahan di jurusan desain Tel-U :

Berbagai jenis drawing pen

  • Alat Tulis (atau alat gambar lebih tepatnya)
    Di awal perkuliahan kita akan belajar menggambar manual, dan banyak alat yang nantinya kita perlukan untuk menggambar. Biasanya, kita memerlukan pensil keluarga H sampai dengan B, pensil warna, pulpen dan drawing pen dengan berbagai ketebalan, dan lainnya.

Cat poster

  • Cat
    Walaupun kita anak desain, kita juga akan belajar melukis. Jenis cat yang biasanya digunakan adalah tinta cina, cat poster, maupun cat akrilik. Untuk melukis, tentunya kita juga memerlukan kuas dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Penggaris segitiga

  • Alat Penunjang (Wajib) Lainnya
    Beberapa alat penunjang yang akan membantu perkuliahan adalah Sketchbook ukuran A3 dan A4, gunting, cutter, dan juga mistar (penggaris). Mistar yang digunakan baiknya memiliki panjang minimal 50 cm, lengkap dengan mistar yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang besar. Mistar ini nantinya akan digunakan saat kita belajar menggambar konstruktif.
  • Laptop
    “Anak desain harus punya laptop?”. Ya, tapi mungkin tidak untuk tahun awal perkuliahan, karena aplikasi digital akan dipelajari ketika kita sudah menginjak tahun kedua perkuliahan. Namun, jika kita ingin mempersiapkannya, lebih baik siapkan laptop yang sudah bisa menjalankan seluruh aplikasi keluarga Adobe dengan baik, dengan ukuran layar yang sesuai.

Tabung gambar

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa alat penunjang lainnya yang akan sangat membantu proses perkuliahan namun tidak harus dimiliki, seperti tabung gambar, kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) dan kendaraan pribadi. Sebagai mahasiswa/i desain, memiliki kendaraan akan sangat mempermudah di saat kita akan pergi untuk mencari alat tulis atau mencetak tugas. Namun untuk yang tidak memilikinya, kita bisa mengkolektifkan kegiatan tersebut kepada teman kita yang memiliki kendaraan, sehingga kita bisa menghemat waktu dan biaya transportasi kita untuk keperluan yang lain. (Mfc)

Keyword(s) : , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *