Kampus Mengajar Menjadi Pilihan Sarana Terbaik dalam Mengembangkan Potensi Mahasiswa

Bandung, Students TelU Kampus mengajar adalah sebuah program Kampus Merdeka, yang berkegiatan mengajar di sekolah hasil dari gagasan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menjelaskan penyelenggaraan program Kampus Mengajar bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa S1 dari seluruh Indonesia untuk belajar dan mengembangkan kapasitasnya di luar kelas perkuliahan.

Tantangan yang kita hadapi sangatlah besar, khususnya bagi adik adik di bangku Sekolah Dasar. Melalui program Kampus Megajar 2021, saya ingin menantang adik adik mahasiswa untuk bereaksi, berkolaborasi dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar, terutama yang berada di daerah 3T” ujar Nadiem Makarim, Selasa (9/2/2021).

Di akhir sambutannya, Mendikbud juga menekankan agar perguruan tinggi dan dosen mendukung mahasiswanya untuk mengikuti program Kampus Merdeka dan mempermudah konversi sks, karena Kampus Merdeka adalah hak mahasiswauntuk belajar di luar kampus atau prodinya. “Ibu dan bapak dan kawan mahasiswa sekalian marilah bersama-sama melangkah dalam optimisme dan semangat gotong-royong untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program Kampus Mengajar demi pendidikan Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Melalui Kampus Mengajar ini, maka mahasiswa akan diasah jiwa kepemimpinanya, kematangan emosional dan kepekaan sosialProgram Kampus Mengajar Perintis yang diluncurkan oleh Kemendikbud akan memberi segudang manfaat bagimahasiswa yang mengikuti program ini.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud, Aris Junaidi mengungkapkan program Kampus Mengajar tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa. Namun, juga untuk dosen.

Menurut Aris, Kampus mengajar ini juga memberikan kesempatan bagi para dosen untuk mengabdi kepada masyarakat. Selain itu, Kampus Mengajar membuka peluang kepada para dosen untuk berinovasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia.

Manfaat bagi perguruan tinggi dan dosen yakni, akan memberikan kontribusi nyata bagi permasalahan Pendidikan, khususnya dimasapandemi ini. Memberikan kesempatan kepada dosenlintas prodi untuk berkolaborasi dengan mahasiswa, sekolah dan guru dalam pengembangan Pendidikan.” Ujar Aris, Sabtu (13/2/2021).

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *