Jelang Lebaran, Stok Darah di Kabupaten Bandung Kritis

pmi

Bandung, Students Tel-U – Stok atau ketersediaan darah di kantor unit donor darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung masuk pada masa kritis. hingga hari Jumat (18/7/4), stok darah di UDD PMI Kabupaten Bandung hanya tersedia sekitar 52 labu darah, dengan rincian golongan darah A kosong, golongan darah B 14 labu, golongan darah O 26 labu, dan golongan darah AB 12 labu.

“Hingga saat ini, stok darah yang dimilik UDD PMI Kabupaten Bandung sebanyak 52 labu. Ini sangat kritis jika disiapkan untuk hari raya Lebaran, ” ungkap Ketua PMI Kabupaten Bandung, dr. Achmad Kustidjadi di Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (18/7/14).

Untuk menjaga ketersediaan darah agar tetap tersedia, lanjut Achmad, pihaknya terus melakukan kasi donor darah ke masyarakat. Pada minggu ini, kata dia, ada tiga agenda donor darah di wilayah Kabupaten Bandung. Dari tiga kegiatan ini, diharapkan dapat terkumpul sekitar 150 labu darah.

“Kita tidak muluk-muluk, dalam setiap kegiatan donor darah ditargetkan hanya 50 labu darah. Jadi jika ada tiga kegiatan akan terkumpul sebanyak 150 labu darah. Mudah-mudahan, jumlah tersebut bisa cukup sampai Lebaran, ” paparnya.

Kalau pun masih saja kekurangan kata dia, pihaknya bisa berkoordinasi dengan UDD Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, bahkan dengan UDD Kota Bandung. Dikatakannya, hingga saat ini belum ada permintaan darah secara besar-besaran dari sejumlah rumah sakit yang ada di Kabupaten Bandung.

“Untuk sementara ini, masih terbilang aman, karena belum ada permintaan signifikan dari rumah-rumah sakit./ Kalau pun ada permintaan dalam jumlah banyak, bisa berkoordinasi dengan UDD Kota Bandung maupun Bandung Barat, ” katanya,

Menurut Achmad, kekurangan darah di PMI Kabupaten Bandung selalu terjadi di setiap bulan Ramadan. Masalah ini, kata dia, bukan hanya terjadi di UDD Kabupaten Bandung saja, melainkan diseluruh UDD di Indonesia.

“Kemungkinan ini terjadi, karena para pendonor sedang berpuasa adan ada kekhawatiran berdampak pada kesehatan, sehingga enggan menodonorkan darahnya, ” tambahnya.

Info Palang Merah Indonesia Kabupaten Bandung :

  • Alamat : Jl. Terusan Al-Fathu KM 17 soreang. Kabupaten Bandung
  • No Telp : 022 589 1313

Jam Buka :

  • Selama puasa PMI bagian donor darah buka 24 jam
  • non puasa 08.00-20.00 Wib

Untuk rekan-rekan mahasiswa Univeritas Telkom pada khususnya yuk ikut Donor darah di PMI Kabupaten Bandung terdekat, karena setetes darah kita sangat membantu untuk sesama yang membutuhkan. (kur/paw)

Sumber : Galamedia

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *