5 Hal yang Harus Diketahui Mengenai Baterai Smartphone

Bandung, Students Tel-U – Dewasa ini, smartphone merupakan salah satu perangkat penting dalam setiap kegiatan kita. Dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi rasanya tak ada waktu yang terlewatkan tanpa smartphone dan ketika smartphone tak ada orang-orang harus bingung berbuat apa.

Untuk itu, smartphone yang saat ini perlu dijaga baik-baik sehingga dapat selalu digunakan setiap saat. Salah satu komponen dari smartphone adalah baterai. Tanpa baterai yang prima tentu perangkat pintar ini takkan jadi berguna. Oleh karena itu, berikut merupakan cara-cara bijak yang dipercaya ampuh menjaga kelangsungan hidup baterai.

1. Langsung cabut charger ketika indikator baterai penuh muncul

Membiarkan charger tetap terkoneksi akan menambah resiko baterai untuk lebih cepat bocor/rusak. Hal ini serupa dengan proses charging ketika baterai benar-benar kosong yang patut dihindar.

2. Hindari baterai kosong dan tidak charging dalam jangka waktu yang lama

Ketika baterai sel ‘tertidur’ dalam jangka waktu yang lama, maka baterai tersebut akan kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari charger

3. Kondisi terbaik baterai ada pada tingkat 40%

Disebut kondisi terbaik karena, baterai tak penuh dan juga kosong. Jadi, gunakanlah terus smartphone hingga setidaknya daya baterai turun beberapa persen. Kemudian melakukan charging sebelum baterai benar-benar habis

4. Pastikan baterai berada pada suhu normal

Penyimpanan atau penggunaan pada suhu abnormal memiliki dampak negatif seperti ketahanan baterai akan berkurang sebanyak 80% apabila berada dalam suhu 60 derajat celcius. Sementara itu suhu normal untuk baterai adalah 25 derajat celcius yang memiliki resiko hilangnya ketahanan baterai sebanyak 20%.

5. Setiap perangkat ada umurnya

Smartphone user perlu memahami satu hal yakni perangkat akan memiliki akhir masanya sendiri. Jadi, segera sadari ketika baterai sudah tak mampu lagi menompang hidup smartphone. Maka, patut membeli baterai yang baru.

Semoga bermanfaat dan lebih memperhatikan apa yang kita gunakan. (IMR)

Sumber : Kompas dan Phone Area

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *