Iniloh Edge, browser baru dari Microsoft
Iniloh Edge, browser baru dari Microsoft

Iniloh Edge, browser baru dari Microsoft

Bandung, Students Tel-U – Setelah sebelum nya dibahas tentang apa saja yang baru di windows 10, kini saya akan mengulas tentang apa saja yang baru di di ‘browser baru windows’.

Microsoft Edge telah mendapat perhatian sejak sebelum nya bernama Spartan. Edge merupakan produk baru microsoft yang berfungsi sebagai browser pada umumnya dan dibuat agar dapat bersaing dengan browser lain seperti, Chrome, Firefox, dan Safari, dengan menyematkan fitur-fitur baru untuk memudahkan dan membuat pengguna edge merasa nyaman ketika menjelajah internet. Didukung dengan tampilanya yang sederhana membuat edge terasa lebih segar dan nyaman untuk digunakan.

Satu hal lain yang penting adalah microsoft akan mengijinkan extention dan add-on dari pihak pengembang aplikasi (selain microsoft) untuk menyematkanya pada edge, namun tidak untuk saat ini. Microsoft akan terus mengembangkan edge khususnya dalam hal penyesuaian extention dan add-on diwaktu mendatang. Berikut fitur-fitur baru pada microsoft edge

Reading View

Reading View Edge

Reading View Edge

Fitur ini bukanlah hal yang baru, safari sudah mempunyai fitur ini sejak lama. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa microsoft telah membuat browser yang jauh lebih baik dari Internet Explorer. Dengan fitur ini kita dapat membaca tanpa ada gangguan konten lain seperti iklan atau pop-up, melainkan hanya isi dari artikel yang sedang dibaca. Tampilan ini sangat membantu ketika ingin membaca artikel panjang atau berupa cerita dengan nyaman karena tampilanya yang sederhana, khususnya ketika membaca dengan layar sentuh memberikan kemudahan untuk menjelajahi halaman.

Reading list

Reading List Edge

Reading List Edge

Pada dasar nya fitur ini sama saja dengan Favorites/Bookmark yang biasa kita gunakan, hanya saja reading list membuat nya berbeda. Terkadang kita ingin membaca satu artikel namun bingung karena terlalu banyak pilihan situs yang telah di bookmark sehingga harus mencari nya terlebih dahulu. Inilah kelebihan reading list dimana benar-benar bisa membuat kita membaca artikel yang sempat kita simpan untuk dibaca lain waktu karena fokus hanya pada apa yang akan kita baca nanti, dengan tampilan visual yang menunjukan gambar dari artikel membuat nya lebih menarik dari bookmark biasa.

Sharing Hub

Sharing Hub Edge

Sharing Hub Edge

Dengan fitur ini kita tidak perlu menginstall add-on untuk melakukan sharing link atau screenshoot ke aplikasi tertentu yang kita inginkan, cukup install aplikasi yang diperlukan pada windows store maka edge akan mendeteksi secara otomatis aplikasi yang sudah terinstall dan terintegrasi dengan edge.

Integrasi Cortana

Integrasi Cortana

Integrasi Cortana

Oh! Cortana, that’s you! Kini tidak perlu lagi harus buka tab baru dan mengetik apa yang ingin dicari, cukup pilih text-klik kanan dan tanyakan pada cortana. Asisten pintar ini akan mencarikan informasi terkait dan menyajikanya kepada kita.

Asisten pintar telah menjadi tren di industri mobile bahkan sudah menjadi kebutuhan yang sering digunakan, namun asisten pintar tersebut hanya berada diperangkat mobile. Microsoft telah membuat Cortana tersedia diseluruh perangkat, baik komputer atau mobile, hal ini membuat Cortana mempunyai kesempatan untuk bersaing dengan asisten pintar, seperti google now dan siri.

Cortana!

Cortana!

Lakukan hal lebih dengan edge dan cortana yang telah terintegrasi. Cukup ketikan pertanyaan mu dan cortana akan menjawab nya, seperti “how old is Bill Gates”, “Today weather?”, atau hitungan-hitungan matematika seperti gambar diatas.

Marking up web pages

Make a Web Note Edge

Make a Web Note Edge

Disaat fitur lainya terlihat sama dengan fitur-fitur yang ada pada browser lain, markup menjadi pembeda unik edge dengan browser lain, fitur ini sangat berguna ketika melakukan kolaborasi dengan mengirimkan gambar melalui aplikasi dan email atau menyimpanya langsung kedalam Microsoft OneNotes.

Performa

Sumber: engadget.com

Sumber: engadget.com

Dalam penggunaanya edge berkerja dengan baik, penggunaan RAM yang normal karena tidak ada add-on 3rd apps yang terinstall. Tab dan halaman website berjalan dengan mulus begitu pun ketika beralih ke tab lain dan saat membuka menu hub pada browser, namun ada saat dimana edge menjadi lag atau tidak menampilkan website sesuai dengan yang seharusnya, microsoft pun masih terus melakukan perbaikan agar edge menjadi lebih baik.

Ada 2 hal yang membuat saya masih menggunakan Chrome atau Firefox sebagai browser utama, yaitu akun yang bisa terintegrasi diberbagai perangkat sehingga dapat mengakses bookmark, histori, dll. Dari perangkat lain dan add-on yang dapat mendukung produktivitas saat menjelajahi internet, seperti Ad-Block yang sangat membantu ketika mengakses website yang penuh dengan iklan & pop-up dan Buffer untuk membuat jadwal berbagi website, link, atau gambar ke media sosial dan website.

Apapun pengalaman kalian dengan Internet Explorer, Edge merupakan browser yang pantas untuk dicoba. Dengan tampilan yang sederhana, fitur pendukung produktivitas, dan performa yang sudah dioptimalkan, coba lah setidaknya selama seminggu menggunakan edge sebelum menginstall chrome atau firefox. Bisa saja kalian jadi lebih senang menggunakan microsoft edge. (md)

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *