Ini Kisah yang Dibeberkan Oleh Pendiri (@)infobdg yang Belum Kamu Ketahui

Bandung-Rabu 12 November 2014 bertempat di Gedung Wahana Bhakti Pos Jl. Banda 30 berlangsung collaborative talkshow : Media Today and Tomorrow.

Para pembicara yang hadir ke acara tersebut merupakan para praktisi di industri media.Salah satunya, merupakan pelaku media online besar di Bandung. Adalah Ciptadi Syachrani yang didapuk sebagai pembicara pembuka di acara tersebut. Pria yang akrab disapa Cipta itu dikenal sebagai pendiri akun @infobdg.

Di kesempatan yang sama, Cipta mencer itakan bagaimana sejarah terciptanya akun tempat berbagi informasi terkait kota Bandung itu.Tak hanya sejarah, pria kelahiran Samarinda itu juga bercerita tentang perjalanannya membesarkan akun tersebut. Seperti apa gambaran akun tersebut dalam beberapa tahun ke depan.

Saat ditanya mengenai kiat mengembangkan sebuah akun, Cipta pun tidak pelit berbagi tips.

“Dulu sih di awal tahun 2010 saya kepikiran kok susah banget ya cari info tentang tahun baru di Bandung. Beberapa hari kemudian yaitu 3 Januari 2010 saya coba bikinakun @infobdg. Awalnya cuma 10 orang pengikut di twitter. Saya jadi sering-sering nanya ke follower lewat akun itu. Lewat akun itu juga saya sering berbagi info lalu lintas. Karena memang dulu saya sering naik angkot. Iya, infobdg berawal dari info lalin. Lama-lama pengikutnya bertambah. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk survey dulu. Siapa saja artis dan orang-orang tenar asal Bandung. Saya rutin mention mereka. Waktu itu ada kang Hedi Yunus, Tora sudiro, dan lain-lain. Begitu dipromosikan sama mereka, follower kami naik drastis. 100 jadi 1000, 2000, 5000, 10.000, ¬† begitu sampai 20.000 kami jarang mention mereka lagi di twitter.”, Jawabnya sembari terkekeh mengenang perjuangannya 4 tahun lalu.

“Ke depan kami akan mengembangkan infobdg ke berbagai kanal dan media sosial. Sekarang untuk diskon kami punya infobdg diskon, kuliner kita punya infobdg kuliner dan kita juga sekarang punya videografer untuk mengembangkan youtube. Kami berawal dari twitter. Dan Saya percaya walaupun bermunculan berbagai media sosial baru, media sosial lama seperti facebook dan twitter tidak akan serta merta ditinggalkan begitu saja.”, Pungkasnya saat ditanya arah perkembangan bisnis¬† yang sudah ia besarkan itu.

image

Saat ini acara tersebut masih berlangsung.

Follow twitter penulis di @nando_nurhadi

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *