Ini Informasi Seputar Laporan dan Nilai Geladi

Bandung, Students Tel-U  Hingga hari ini, Jum’at  (10/7) masih terjadi kerancuan terkait laporan dan input nilai online pada program Geladi.

Hari ini merupakan hari terakhir geladi sekaligus hari untuk input nilai secara online bagi para pembimbing lapangan peserta geladi. Hari ini juga menjadi kesempatan bagi para peserta geladi yang dapat menyelesaikan laporan geladi tepat waktu untuk meminta pengesahan dan persetujuan dari pembimbing lapangan geladi.

Namun terjadi kerancuan terkait lembar pengesahan laporan geladi sejak kemarin Kamis (9/7) hingga hari ini. Pasalnya, instruksi pembimbing akademik tidak sesuai dengan buku panduan geladi yang sudah dibagikan saat pembekalan geladi. Belum banyak mahasiswa yang mengetahui perubahan yang terjadi pada format laporan geladi.

Berikut adalah serba-serbi laporan akhir geladi 2015 yang sudah divalidasi oleh Pak Tengku Riza, salah satu dosen PPDU Universitas Telkom :

  • Halaman Muka (Cover) : Halaman muka geladi berisi judul Geladi, Logo Universitas Telkom dan Logo Perusahaan yang berdampingan, nama serta NIM penyusun, serta tahun penyusunan laporan.
  • Lembar Pengesahan : Lembar pengesahan geladi berisi judul geladi, tanggal pelaksanaan geladi, nama dan nim penyusun laporan. Lembar pengesahan ini dibuat dua versi, versi pertama untuk perusahaan geladi dan versi kedua untuk Universitas. Pada lembar pengesahan versi pertama, laporan disetujui dan disahkan serta ditandatangani oleh pembimbing lapangan saja. Sementara pada versi kedua, laporan disetujui dan disahkan serta ditandatangani oleh pembimbing akademik. Penyusun tidak perlu menandatangani laporannya. Perlu diperhatikan bahwa laporan bersifat Individu, sehingga lembar pengesahannya pun Individu meskipun pelaksanaan geladi berkelompok.
  • Abstrak : Abstrak pada laporan geladi menjelaskan proses geladi secara singkat serta hasil akademik maupun non-akademik yang didapat oleh penyusun. Huruf pada abstrak adalah Times New Roman ukuran 12 pts dengan spasi 1, 5.
  • Isi Laporan : Masih berisi Latar Belakang, Profil Perusahaan, Struktur Organisasi Perusahaan, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Pelaksanaan, Waktu dan Tempat Peaksanaan Geladi, Tinjauan Teori, Rencana Kegiatan, Pelaksanaan Geladi, Hasil Geladi, Kesimpulan, serta Saran. Font yang digunakan Times New Roman berukuran 12 pts dengan spasi 1, 5. Isi laporan harus dilengkapi dokumentasi yang relevan. Isi laporan tidak boleh sama satu dengan yang lainnya meskipun pelaksanaan geladi berkelompok.

Kemudian beberapa mahasiswa tampak melaporkan keluhan saat input nilai online. Mulai dari Username dan Password yang tidak cocok, kuisioner yang kosong, hingga error saat akan menyimpan nilai. Tidak sedikit juga mahasiswa yang bingung karena mendapat info bahwa batas input nilai online geladi adalah hari ini, 10 Juli 2015.

“(Pengatasan masalah ini sedang) Diusahakan mbak. Paling bisa diundur (tenggat input nilai geladi) maksimal 1 minggu sampai 16 Juli 2015, ” tulis Pak Tengku Riza saat ditanyai melalui media sosial Whatsapp siang ini. Namun pak Tengku tetap menghimbau untuk berkoordinasi dengan pembimbing akademik mahasiswa.

“Kami berharap penilaian bisa secepatnya selesai (bagi yang bisa), takutnya pembimbing lapangan lupa.” Tambah Pak Tengku Riza lewat media yang sama.

Pak Tengku juga mengatakan bahwa Pembimbing lapangan tidak perlu export nilai, cukup save nilainya saja.

Adapun percakapan dengan Pak Tengku via Whatsapp dapat dilihat di sini,  ini,  ini, dan ini.

Semoga validasi ini dapat menghilangkan kerancuan yang beredar dikalangan peserta geladi 2015. (rta)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *