Ini Dia ‘Night at the Museum’ a la Earth Hour Bandung!

Bandung, Students Tel-U — Earth Hour Bandung kembali menggelar pelaksaan Bandung SEMALAM (Serentak Matikan Lampu). Kali ini, Bandung SEMALAM berkolaborasi dengan Museum Geologi mengusung tema “Night at the Museum: Museum Geologi di Mata Kids Zaman Now” pada Sabtu (27/01). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Earth Hour Bandung yang sudah mendapatkan dukungan dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Acara ini turut pula dihadiri oleh Duta Earth Hour Bandung 2018, yaitu Mega Valentina dan Kevin Liliana.

Sumber: Earth Hour Bandung

Program Bandung SEMALAM diawali dengan sambutan dari Kepala Seksi Edukasi dan Informasi Museum Geologi, Ma’mur. Lalu dilanjutkan oleh Koordinator Earth Hour Bandung, Saepul Hamdi dan Duta Earth Hour Bandung sekaligus Miss International 2017, Kevin Liliana. Aktivitas dilanjutkan ke acara Switch Off, yaitu pemadaman Museum Geologi Bandung pada pukul 20.30 WIB sekaligus menandakan bahwa Night at the Museum telah dimulai.

“Mematikan lampu itu hanya simbol. Plusnya, dilanjutkan dengan aktivitas lain yang ramah lingkungan.”
— Saepul Hamdi, Koordinator Earth Hour Bandung.

Sambutan dari Koordinator Earth Hour Bandung, Saepul Hamdi. Foto: ARP

Di Night at the Museum, pengunjung diajak tur keliling Museum Geologi ditemani pemandu. Hanya saja, kali ini dengan kondisi tanpa pencahayaan, hanya dibantu flash handphone dari para panitia Earth Hour Bandung. Tidak hanya tur keliling Museum Geologi, tetapi ada juga penampilan musikalisasi puisi, live music biola dan kecapi, stand-stand jajanan kuliner malam, dan Pameran 3D Foto (Geo Museum Store).

Pembukaan ‘Night at the Museum’. Foto: NML

Kegiatan Bandung SEMALAM diharapkan pihak Museum Geologi menjadi media promosi sekaligus daya tarik untuk generasi muda agar datang ke museum. Dari Earth Hour Bandung sendiri berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya sebatas pengingat. Namun, dapat diaplikasikan secara terus menerus, sehingga menjadi gaya hidup ramah lingkungan.

Night at the Museum terbuka untuk umum dari pukul 19.00-22.00 WIB. Untuk tiket masuk, harganya sangat terjangkau. Mulai dari Rp2.000 untuk pelajar, Rp3.000 untuk umum, dan Rp10.000 untuk warga negara atau turis asing, sudah bisa menikmati tur keliling Museum Geologi dengan suasana yang berbeda.

“Setiap kota di Earth Hour itu bisa jadi reminder di setiap kota bahwa kita harus meningkatkan kepekaan kita terhadap lingkungan.”
— Kevin Liliana, Duta Earth Hour Bandung 2018 dan Miss International 2017.

Gimana, jadi tertarik untuk ke museum dengan suasana berbeda?

(RMH/NML/ARP)

Keyword(s) : , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *