[INFO] Cari tau mengenai Aturan Akademik Tel-U disini

Medan, Students Tel-U – Banyak yang bertanya-tanya apa saja yang perlu diketahui ketika sudah menjadi mahasiswa/i Telkom University. Hari ini kami akan mengupas satu per satu apa saja yang perlu diperhatikan dalam Aturan Akademik Tel-U saat ini berdasarkan informasi melalui website PPDU.

Slide3

Berdasarkan Permendikbud No.49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Batas Masa Studi untuk Strata 1 adalah 10 Semester (5 tahun) dan Diploma 3 adalah 8 semester (4 tahun). berbeda dengan tahun  2014 kebawah Batas masa studi strata 1 adalah 14 semester (7 tahun) dan diploma 3 adalah 10 semester (5 tahun). oleh karena mahasiswa/i hanya diberi tenggat waktu 1 tahun dari masa studi normal.

Slide7

Untuk Fakultas selain Fakultas Teknik sistem di atas sudah diterapkan sejak dulu. Fakultas lainnya akan melihat ada yang berbeda termasuk kata ‘Responsi’ dan dilakukannya 2 kali pertemuan pada MK 4 sks. Responsi adalah Kegiatan Pembelajaran dibimbing oleh dosen atau asisten dosen yang bertujuan meningkatkan pemahaman materi kuliah melalui soal, diskusi, mentoring atau kegiatan terbimbing lainnya.

Slide9

Berdasarkan informasi di atas, kehadiran ditentukan oleh persentase minimal 75%. persentase kehadiran tersebut dapat dilihat melalui portal akademik iGracias.

Slide14

Telkom University hanya mengenal Ujian Khusus yang bertujuan memperbaiki nilai Indeks Prestasi (IP) mahasiswa selain mengulang mata kuliah tersebut. Ujian Remedial sudah ditiadakan.

Slide15

Informasi tambahan, nilai angka mutu dari masing-masing indeks adalah :
A     : 4, 00
AB  : 3, 5
B     : 3, 0
BC  : 2, 5
C     : 2, 0
D     : 1, 0
E     : 0

Slide22

Hal yang perlu diperhatikan dalam sidang akademik adalah Kelulusan Tingkat. jika mahasiswa tidak merasa puas pada nilai indeks salah satu mata kuliah namun mata kuliah tersebut sudah lulus, mahasiswa tersebut tidak dapat langsung mengulang mata kuliah tersebut. mata kuliah tersebut harus diajukan kepada dosen wali untuk diulang dan konsekuensi dari hal tersebut adalah mahasiswa akan ‘belum dilulustingkatkan’ selama periode mahasiswa mengulang mata kuliah tersebut.

Slide23

Perlu dicermati, setelah ujian akhir semester akan dilakukan perwalian. dosen wali akan menjelaskan mengenai lulus tingkat (apakah mahasiswa tersebut sudah lulus tingkat, apakah ingin mengajukan lulus tingkat/ belum lulus tingkat dan lainnya). oleh sebab itu, perwalian wajib dilaksanakan setiap semesternya.

Slide28

Perwalian juga berguna sebagai sarana konsultasi akademik dan non akademik. jika mahasiswa mempunyai rencana akademik kedepannya, hal tersebut dapat disampaikan langsung kepada dosen wali untuk mendengar tanggapan apakah hal tersebut dapat dilakukan atau tidak.

Slide29

Banyak mahasiswa melakukan cuti akademik (pemberhetian sementara masa kuliah) dengan berbagai alasan (Bisnis, Kerja, dan lainnya). namun hal yang harus diperhatikan adalah jika ingin mengajukan cuti, konsultasi terlebih dahulu kepada dosen wali agar dosen wali mengajukan ‘ACC’ kepada kaprodi untuk menyetujui pengajuan cuti akademik tersebut.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah, sebagai mahasiswa kita wajib mengetahui peraturan ‘dasar’ yang sudah diterapkan oleh kampus. hal-hal mendasar inilah yang akan menentukan proses akademik mahasiswa selama menjalani perkuliahan di Telkom University. Masih banyak lagi Aturan Akademik lainnya, penulis mencoba mengupas hal-hal yang menjadi pokok selama perkuliahan. Jika teman-teman mempunyai pertanyaan seputar Aturan akademik, teman-teman dapat menghubungi penulis melalui email : ikhsanradiansyah@gmail.com. (IR)

PPT Aturan Akademik (perwalian dan lainnya)
PDF Aturan Akademik Tel-U
Sumber

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *