Improve Your Learnings Enthusiasm During This Pandemic

Bandung, Students Tel-U – Hampir 6 bulan lamanya pandemi COVID-19 melanda Indonesia bahkan seluruh dunia. Dampaknya tentu masih dapat kita rasakan hingga saat ini, dimana salah satunya adalah segala pekerjaan menjadi lebih terhambat atau tidak semaksimal biasanya dikarenakan adanya sistem WFH (work from home). Sama halnya bagi pelajar, banyak kendala yang dijumpai ketika belajar dirumah, seperti kuota internet yang tidak memadai, kendala jaringan internet di beberapa daerah, serta pembelajaran yang kurang interaktif sehingga memunculkan rasa bosan.

Survei dari UNICEF menunjukan angka 66 % siswa tak nyaman belajar di rumah dan 88,5 % mahasiswa merasa bosan belajar dirumah. Hal ini menunjukkan bahwa eksistensi pembelajaran yang menyenangkan akhirnya menjadi pembelajaran yang membosankan. Oleh karena itu kita perlu beberapa strategi untuk memotivasi siswa agar kembali semangat dalam belajar. Pembelajaran online tidak harus memaksakan siswa mencapai target pembelajaran seperti ketika pembelajaran tatap muka. Namun harus menciptakan suasana yang nyaman dan tentunya menyenangkan.

Dikutip dari acara web seminar yang diadakan Fakultas Informatika Telkom University, berikut adalah cara untuk meningkatkan antusias belajar kalian di tengah pandemi, yuk disimak!

1. Bangkit dan berkembang

Kita harus bisa membangkitkan semangat dikala belajar online. Merasa bosan dan jenuh saat melakukan kegiatan artinya ada salah satu faktor yang tidak seimbang. Bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan mencari variasi kegiatan lain seperti contohnya olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan bertemu orang-orang yang membuat kalian bahagia, intinya jangan monoton melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang.

2. Membagi waktu belajar dengan kegiatan lain agar waktu belajar berkualitas

Kita sebagai pelajar perlu membagi waktu antara kegiatan yang utama dengan kegiatan hiburan lain seperti bermain game, menonton film, olahraga, dan lain-lain. Kegiatan hiburan perlu kita atur porsinya agar kita tidak menjadi lalai dalam melakukan kegiatan utama. Kegiatan hiburan tidak ada salahnya selagi itu membuat kita fresh kembali untuk belajar.

3. Kenali diri sendiri

Dalam memulai belajar kita perlu mengetahui cara belajar yang efektif bagi diri sendiri, karena setiap orang memliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang menyukai belajar praktik (kinestetik), ada yang lebih menyukai belajar cukup dengan baca buku saja (visual), atau hanya dengan mendengarkan materi (auditori). Untuk waktu yang efisien dalam belajar setiap orang juga berbeda- beda, ada yang pagi, siang, sore, atau  malam. Kita dapat mengetahui waktu belajar dan cara belajar yang efektif menurut kita dengan cara melakukan percobaan dari hari ke-hari.

4. Insecure target

insecure boleh asalkan itu menjadi acuan kalian untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Seperti misalnya, ketika kita melihat orang lain melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat dikala pandemi, sedangkan kita hanya bermalas-malasan dirumah. Hal itu membuat kita merasa insecure sehingga membuat kita bangkit untuk melakukan kegiatan bermanfaat dan membuat main target setiap harinya. Nah jika main target tidak tercapai, maka opsi selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah membuat sub target.

5. Keep consistent and stay healthy

Konsisten merupakan karakter positif yang perlu dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penentuan tujuan yang spesifik dan langkah yang perlu dilakukan untuk mencapainya merupakan aspek penting dalam mewujudkan konsistensi. Berusahalah mencapai tujuan yang ditentukan. Jika sudah berhasil berusahalah memotivasi diri dan menjadi orang yang bertanggung jawab. Hal ini membutuhkan pola pikir supaya kita tetap produktif selama melakukan kegiatan belajar. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kesehatan, dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan tidak over-work.

Nah itu dia 5 cara untuk meningkatkan antusias belajar kalian di tengah pandemi. Jangan lupa dilakukan ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan. Sampai jumpa di artikel Students berikutnya! (kai)

 

 

 

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *