IEEE – Short Course on Stochastic Optimal Control 2017

Bandung, Students Tel-U – IEEE SB Telkom University bersama Aerospace Electronic and Electronic System Society (AESS) & Geoscience and Remote Sensing Society (GRSS) Joint Chapter, IEEE Indonesia Section mengadakan sebuah acara bernama Short Course on Stochastic Optimal Control 2017 yang bertemakan Applied for Aerospace Electronics. Acara ini dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 4 November 2017 bertempat di Gedung Barung Telkom University. Pembicara yang memberikan materi Short Course, antara lain Dr. Arifin Nugroho (CTO at Unisat Co.) dan Larasmoyo Nugroho Dr. (C), S.T., M. Des.

Short Course dibuka oleh Wakil Rektor IV Dr. Ir. Rina Pudji Astuti. Beliau memberikan semangat kepada peserta untuk selalu bersungguh-sungguh dalam menempuh ilmu dan mendalami Short Course nantinya. Peserta Short Course tidak hanya terdiri dari Telkom University, tetapi juga dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Bhimasena Research & Development, Universitas Jenderal Soedirman, dan PT Dirgantara Indonesia.

Pembahasan dalam Short Course meliputi beberapa poin. Poin pertama, metode kontrol yang klasik memiliki keterbatasan karena memakai metode trial & error. Poin kedua, kontrol modern dimungkinkan bekerja secara komprehensif dengan memerhatikan aspek multi variabel yang secara kompak bisa dimunculkan dan bisa dianalisis dengan analisis matriks seperti Matlab. Poin ketiga, dalam banyak kasus di suatu sistem dihadapkan pada keperluan minimalisasi, seperti energi, cost, waktu, dan perform index yang bisa dimunculkan. Hal ini bisa dilakukan dengan kontrol modern melalui bantuan matrix analysis dan algoritma optimalisasi yang cukup berkembang pesat. Poin keempat, pemodelan matematika tidak ada yang sempurna karena ada yang sulit dilakukan dalam model penggambaran kondisi yang sebenarnya. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan sebuah stochastic.

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *