Hobi bikin video? Ini tips untuk unjuk gigi!

Bekasi, Students Tel-U Hal menarik buat kamu mahasiswa yang punya bakat kreatif yang dapat di lakukan saat waktu libur adalah berkarya. Berkarya bisa dalam bentuk apa saja,membuat sesuatu sesuai dengan kemampuan diri dan membuat orang lain tertarik apa yang telah dibuat, itulah yang di sebut karya.

Pada zaman modern yang canggih akan teknologi ini, berkarya bukan suatu hal yang mustahil untuk di lakukan. Sebagai mahasiswa yang kreatif , kita dapat memanfaatkan gadget dan media sosial sebagai tempat untuk menunjukan bakat kreatif kita. Mulai dari design web, design poster, video,animasi,komik,dan sebagainya.

Banyak rupa karya yang dapat di buat oleh tangan mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas dirinya di waktu liburan. Salah satunya adalah mengembangkan kemampuan diri di bidang multimedia, yaitu video editing. Berawal dari sekedar coba-coba untuk mengikuti perkembangan yang sedang tren di sosial media,atau juga sekedar iseng ingin di kenal dengan mempublikasikan karya melalui media penyedia layanan video,seperti Youtube. Hal ini bisa menjadi hobi apabila semakin disukai, bahkan bila di tekuni, mahasiswa bisa menjadi kreator video dengan konsep yang memiliki ciri khas.

Kadang, video editing adalah suatu pekerjaan yang di sepelekan oleh kebanyakan orang, sebenarnya proses pembuatannya cukup rumit dan memakan waktu yang panjang. Sebab dalam pengeditan video, di butuhkan konsentrasi dan ide yang kuat untuk membuat audio-visual yang ada dalam hasil video tersebut terlihat menarik di mata penontonnya.

Bagaimana kita sebagai mahasiswa bisa membuat suatu karya dalam video editing? Ini cukup sederhana. Dalam pembuatan video/film kita membutuhkan bahan video yang diambil dengan lensa kamera. Kamera smartphone adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengambil bahan video yang akan di buat apabila tidak memiliki kamera digital ataupun kamera DSLR dan SLR. Untuk pengambilan gambar yang menarik, atur posisi kamera dengan tampilan objek yang cukup menarik apabila kurang paham mengenai cinematic. Dalam pengeditan, kita juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi video editing yang ada di smartphone apabila tidak mempunyai software video editing di perangkat komputer.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membuat kita dapat berkreasi sekaligus dikenal sebagai video editor yang sekaligus unjuk gigi sebagai mahasiswa.

  1. Banyak mengikuti kepanitiaan di divisi publikasi dan dokumentasi atau bidang kreatif.

 

Selain kita dapat kenalan dan berinteraksi diantara mahasiswa yang kreatif bidang design, kita juga bisa ikut bekerja sebagai editor video dokumentasi, pembuatan bumper opening acara, dan video promosi acara lainnya dalam kepanitian tersebut. Dengan hal tersebut, akan banyak orang yang melihat video karya kita.

 

  1. Ikut serta dalam keanggotaan Himpunan Mahasiswa atau Organisasi dan Unit Kerja Mahasiswa.

 

Berorganisasi sambil unjuk karya dan asah kreatifitas, kenapa enggak? Kita sebagai mahasiswa memang di anjurkan untuk berengalaman berorganisasi. Jangan buat aktifitas organisasi menghalang kebolehan kita menjadi kreator video. Biasanya dalam suatu ormawa,hima, atau ukm ada divisi yang di khususkan untuk anggota-anggota yang mempunyai tanan dan ide kreatif, ini mungkin bisa dijadikan sasaran tempat kita yang siap bergabung di dalamnya.

 

  1. Membantu teman yang meminta bantuan dalam membuat video/film.

 

Mahasiswa yang sudah di kenali oleh temannya sebagai ‘tukang edit’ atau kreator video, biasanya selalu diminta bantuan untuk pembuatan tugas video atau film untuk mata kuliah tertentu. Kesempatan ini biasa digunakan untuk unjuk kebolehan melaui perantara, yaitu teman yang membutuhkan bantuan. Hanya sekedar sedikit bantuan yang kita lakukan, namun bantuan kita sangat berharga untuk mereka yang sangat membutuhkan.

 

  1. Menerima tawaran pekerjaan atau job

 

Mahasiswa yang kreatif dengan karya yang boleh banget biasanya mendapat undangan atau tawaran sebagai crew di salah satu pekerjaan pembuatan video,film, atau juga film pendek. Biasanya tawaran yang di dapatkan , berupa pekerjaan sederhana yaitu mengajar dan memperkenalkan mengenai video atau film di sekolah-sekolah atau di beberapa lingkungan masyarakat. Memang sederhana sekali yang bisa kita lakukan di dalamnya, namun sebenarnya kita sedang menyampaikan ilmu dalam masa kecanggihan teknologi. Semakin kita berbagi ilmu yang kita punya kepada mereka, semakin bertambah pula ilmu yang kita dapatkan untuk mengembangkan kualitas karya kita dalam video editing.

 

  1. Rutin share karya melalui media sosial

 

Mahasiswa di zaman ini biasanya tidak telepas dari penggunaan gadget dan media sosial. Dengan cara memanfaatkan waktu senggang dan ide yang menumpuk dalam pikiran, kita bisa menuangkan karya kita di media sosial. Dengan ini , karya kita akan di lihat oleh banyak orang juga di beri kritik dan saran sebagai masukan. Semakin banyak nilai tambahan yang akan kita dapatkan apabila rutin melakukan hal ini.

 

Liburan adalah waktu senggang mahasiswa dalam beraktivitas, dan waktu senggang adalah waktu yang tepat untuk mengasah kreatifitas mahasiswa. Karya dari hasil kreatifitas kita bisa sangat bernilai apabila terdapat kualitas dan kuantitas di dalamnya. Menjadi mahasiswa kreatif dengan kemapuan menjadi kreator video bisa memanfaatkan liburan semester dengan membuka bisnis atau jasa pembuatan video sebagai pekerjaan sampingan. Sebagai kreator kita harus bangga karena karya yang kita buat memiliki nilai dan harga apabila kualitas didalamnya di tingkatkan.

 

(HK)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *